Jokowi Klaim Kasus Covid Turun: Jauh di Bawah Negara Tetangga

Presiden Joko Widodo menyebut data menunjukkan penurunan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia. Ia menyebut kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia lebih baik dari negara tetangga.

Jokowi menyampaikan penurunan terlihat dari persentase kasus harian. Menurutnya, torehan Indonesia saat ini lebih baik dari negara-negara Asia Tenggara.

"Persentase kasus harian kita sebesar 13,6 kasus harian per 1 juta, jauh di bawah negara-negara tetangga kita ASEAN," kata Jokowi saat berpidato di UOB Economic Outlook 2021, Rabu (15/9).

Jokowi berkata jumlah kasus harian juga menurun drastis. Pada 15 Juli, Indonesia melaporkan sekitar 56 ribu kasus sehari. Pada 13 September, tambahan kasus baru sejumlah2.577 kasus.

Mantan Wali Kota Solo itu juga mensyukuri tingkat keterisian rumah sakit yang saat ini hanya di angka 13,8 persen. Begitu pula dengan positivity rate harian 2,64 persen dan tingkat kesembuhan 94,03 persen.

"Alhamdulillah kasus Covid-19 terus menunjukkan tren penurunan. Kita sangat optimis, tetapi kita juga tetap harus selalu waspada," ujarnya.

Jokowi menegaskan kesehatan adalah prioritas pemerintah, sedangkan ekonomi adalah keharusan. Oleh karena itu, pemerintah mulai membuka kegiatan perekonomian sedikit demi sedikit dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Pemberlakuan PPKM dengan kriteria level 1 sampai dengan 4 dimaksudkan agar gas dan rem sesuai kondisi setempat dan terkini. Pemerintah melakukan sejumlah uji coba dan membolehkan buka dengan aturan dan protokol yang ketat," ucap Jokowi.

Pada Selasa (14/9), Indonesia melaporkan 4.128 kasus Covid-19. Dengan tambahan itu, total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 4.174.216 kasus.

Di hari yang sama, ada 250 orang pasien Covid-19 meninggal dunia, sedangkan 11.246 orang lainnya sembuh. Sejak pandemi Covid-19 melanda, sudah ada 139.415 orang meninggal dunia karena virus Corona di Indonesia. Sebanyak 3.942. 473 kasus lainnya berujung kesembuhan.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan