Jokowi Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo Jatim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bendo di Ponorogo, Jawa Timur. Jokowi pun berpesan agar bendungan yang dibangun dengan anggaran Rp 1,1 triliun ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Saya ingin berpesan agar bendungan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan disambungkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada sehingga sebagai masyarakat, utamanya para petani, bisa meningkatkan produktivitas pertaniannya," kata Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9/2021).

Jokowi menjelaskan, Bendungan Bendo memiliki kapasitas 43 juta meter kubik. Bendungan dengan luas genangan sebesar 170 hektare dan tinggi 74 meter ini bisa menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah.

"Dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik. Serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir 31% atau sebesar 117,4 meter," ungkapnya.

Jokowi mengungkapkan, pada 2021 ini, pemerintah akan menyelesaikan 17 bendungan di berbagai daerah. Saat ini sudah 7 bendungan yang telah selesai dan diresmikan oleh Jokowi.

"Artinya nanti produktivitas di bidang pertanian akan ketambahan air, pasokan air dan kita harapkan itu akan meningkatkan produktivitas dari para petani-petani kita," kata Jokowi.

Selain meresmikan bendungan, Jokowi rencananya akan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Ponorogo. Dalam kunjungannya ini, Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Selain itu, hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan