Kabar Gembira, Pemerintah Akan Beri Stimulus Pelaku UMKM Hingga Rp200 Miliar

Pemerintah akan memberikan dana stimulus untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan nilai mencapai Rp200 miliar. 

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dana stimulus BBI diberikan kepada pelaku UMKM dan ekonomi kreatif subsektor Fesyen, Kuliner, dan Kriya dengan total anggaran sebesar Rp200 miliar. 

"Penerima stimulus BBI adalah merchant atau pelaku UMKM yang ada di e-commerce dan tergabung dalam program, serta secara tidak langsung adalah pembeli atau konsumen akhir yang berbelanja," kata Menko Luhut, melalui pernyataan yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (31/8/2021).

Dia mengungkapkan, dana stimulus BBI ini merupakan program dukungan yang diberikan melalui pemberian insentif untuk belanja. Untuk itu, Menko Luhut menegaskan bahwa seluruh program dorongan UMKM ini harus ditindaklanjuti dengan baik dan optimal.

“Guna meningkatkan permintaan produk Artisan Indonesia (UMKM/IKM), pemerintah terus mendorong kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), pemberian dana stimulus BBI, serta penyediaan modal melalui DigiKU,” ungkap Menko Luhut.

Sebagai catatan, DigiKu merupakan program penyaluran kredit untuk UMKM yang disediakan pemerintah melalui HIMBARA yang dapat menjadi alternatif pembiayaan yang aman dan terjangkau bagi UMKM/UKM/Artisan.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan