Kronologi Penangkapan Anggota KKB Gigen Telenggen, Diadang saat Naik Taksi

Satgas Operasi Nemangkawi menangkap anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Gigen Telenggen di Kabupaten Jayapura, Papua. Pelaku nyaris kabur, namun diadang ketika akan naik taksi.

Petugas mengamankan anak buah Lekagak Telenggen, pimpinan KKB di Ilaga, Kabupaten Puncak ini di salah satu penginapan wilayah Sentani. Saat diinterogasi, baru diketahui bahwa pelaku menyimpan senjata api.

"Tim berhasil mendapatkan 3 pucuk senjata api serta magazen," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, Jumat (3/9/2021).

Senjata api tersebut dikubur di dalam tanah di rumah kosong. Tim menggali tanah sedalam 30 sentimeter, selanjutnya ditemukan peti terbuat dari kayu. Lalu didapati satu senjata api jenis M16 dan dua senjata rakitan.

"Lalu ada satu tas berisi magazen," ujarnya.

Sebelumnya Direskrimum Polda Papua, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, ada lima magazen yang disita, namun hanya tiga yang berisi peluru.

"Dua orang sudah diamankan di dua lokasi berbeda. Mereka masih satu kelompok, anggota KKB di Ilaga," kata Kombes Pol Faizal.

Saat pengembangan kasus, sekitar pukul 13.55 WIT, anggota kembali menangkap pelaku berinisial AT di kawasan Doyo, Kabupaten Jayapura. Keduanya saat ini masih dalam pemeriksaan polisi.

"Anggota masih melakukan pendalaman guna mengetahui asal senjata dan dana untuk membeli senjata api itu mengingat dari GT juga disita uang Rp28 juta," kata dia. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan