Luhut Laporkan Haris Azhar-Fatia: Kebebasan Berpendapat Harus Ada Etika!

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan resmi melaporkan Haris Azhar dari Lokataru dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti atas dugaan pencemaran nama baik. Luhut menyebut kebebasan berpendapat harus disertai etika dan tanggung jawab.

Luhut awalnya berbicara ketika dirinya menangani sebuah permasalahan di dalam negeri tak jarang mendapat kritikan. Dia pun menyebut sudah terbiasa dengan kritik dari siapapun.

"Saya tentu sangat terbiasa dengan kritik dan masukan dari siapapun tanpa pandang usia, bahkan status sosial," kata Luhut dalam Instagram pribadinya, Rabu (22/9/2021).

Luhut menyebut bahwa dirinya senang karena beberapa kali diminta untuk mengisi acara dialog membahas suatu permasalahan. Dari situ lah, kata Luhut, dirinya bisa mendengar kritik, dan saran dari masyarakat, dengan catatan bahwa setiap kritik itu ada sebab yang masuk akal melatarbelakanginya.

"Seringkali kritik itu juga datang dari orang yang saya kenal dekat, saya sering katakan bahwa jika ingin mengkritik, mari kita duduk bersama dan berdialog. Tak elok rasanya ketika kita ingin mengkritik, tetapi kita tidak berbicara langsung kepada yang kita tuju," ucap Luhut.

Lalu, dia mengatakan bahwa belakangan dirinya menemui banyak penyesatan opini, sebaran fitnah kebohongan serta tuduhan tak berdasar yang dialamatkan kepada suatu orang atau lembaga, salah satunya seperti yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia kepada dirinya. Tuduhan itu disebar di media sosial.

"Sejujurnya saya tidak pernah mempermasalahkan pendapat orang lain terhadap saya, karena saya memahami bahwa perbedaan pendapat itu pasti ada dan inilah berkah Tuhan YME sesungguhnya. Terlebih kita tinggal di negara demokrasi dimana kebebasan berpendapat dihargai," ujarnya.

"Tetapi kita harus ingat bahwa kebebasan berpendapat dan berekspresi haruslah disertai etika dan bertanggung jawab," tambahnya.

Berangkat dari hal itu, Luhut berharap etika dan tanggung jawab dijunjung tinggi saat mengemukakan pendapat. Dia mengajak untuk merenungi beberapa hal, salah satunya bahwa apakah dengan dalih kebebasan berpendapat bisa bebas menyerang pribadi pihak tertentu dengan penyesatan opini.

Alasan Luhut Lapor Polisi

Luhut sendiri hadir langsung di Polda Metro Jaya dalam membuat laporan kepada Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Luhut mengaku langkah ini diambil usai keduanya tidak pernah menggubris somasi dari pihaknya.

Luhut menilai laporan polisinya hari ini pun untuk membuktikan apa yang disampaikan terlapor tidak benar, sekaligus menjaga nama baik keluarganya.

"Saya kan harus mempertahankan nama baik saya, anak cucu saya. Jadi saya kira sudah keterlaluan karena dua kali saya sudah (minta) maaf nggak mau minta maaf. Sekarang kita ambil jalur hukum jadi saya pidanakan dan perdatakan," terang Luhut.

Laporan Luhut teregister dengan nomor: STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021. Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia terkait UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan