Pemerintah Siapkan Strategi Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, pemerintah tengah menyusun strategi jangka panjang untuk mengantisipasi kemungkinan Covid-19 tidak akan pernah benar-benar hilang dari Indonesia.

Ia pun mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dan membiasakan diri dengan protokol kesehatan.

"Transisi dan adaptasi untuk hidup bersama Covid-19 memang harus disiapkan. Karena itu, sambil terus mengevaluasi penerapan PPKM berlevel, pemerintah menyusun dan menerapkan sejumlah protokol kesehatan sebagai bagian dari strategi ke arah sana," kata Johnny dalam keterangan persnya, Rabu (1/9/2021).

Dengan demikian, perekonomian nasional dan kesehatan publik dapat kembali bangkit dan berjalan beriringan.

Johnny menyatakan, saat ini pemerintah memprioritaskan pelaksanan protokol kesehatan di ruang atau fasilitas publik seperti tempat perdagangan, transportasi publik, tempat ibadah, dan tempat pendidikan.

"Tidak ada pilihan lain selain disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai salah satu kebiasaan baru," ujar dia. 

Johnny memaparkan, penyusunan protokol kesehatan di tiap ruang atau fasilitas publik itu melibatkan pemangku kepentingan terkait.

Menurut dia, setiap protokol kesehatan didasarkan pada tiga hal, yaitu standar jumlah sesuai kapasitas ruangan, aktivitas, dan perilaku.

Selain itu, ia menegaskan, pemerintah juga terus meningkatkan strategi pengendalian pandemi, yaitu deteksi dengan meningkatkan tes, perawatan, dan vaksinasi Covid-19.

"Seluruh upaya dijalankan secara bersamaan. Tidak ada yang lebih didahulukan daripada yang lain. Pemerintah juga berkomitmen akan senantiasa memantau kondisi pandemi Covid-19 secara aktual agar bisa mengambil kebijakan yang tepat baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi," ucap Johnny.

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyatakan, pemantauan protokol kesehatan yang disusun pemerintah ini demi menjaga keamanan masyarakat beraktivitas di tempat publik dalam menjalani kebiasaan baru hidup berdampingan dengan Covid-19.

Nadia pun mengingatkan masyarakat agar disiplin dan mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah.

"Intinya, strategi ini harus diimplementasikan demi keamanan kita semua juga orang-orang yang kita kasihi," ujar dia.[kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan