Prajurit TNI Yonif PR/501 Amankan Pistol dan Senapan saat Gerebek Honai KKB

Prajurit TNI dari Yonif Para Raider 501 Kostrad mendapatkan satu pucuk senjata api dan beberapa alat perang diduga milik kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Senjata tersebut jenis Pistol P1.

Penemuan senjata ini berada di Kampung Bugapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, pada Sabtu (4/9/2021). Kegiatan bagian dari operasi untuk menyekat pergerakan KKB.

Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya mengatakan, penemuan ini berawal saat tim memburu KKB di Kampung Bagapa. Ketika mendapati honai (rumah adat) yang dicurigai, tim langsung melakukan penyergapan.

"Sejumlah orang diduga KKB lari berhamburan ke jurang dekat honai. Anggota kemudian mengamankan lokasi sekitar honai dan menggeledah tempat tersebut," kata Letkol Arfa dalam keterangan yang diterima, Senin (6/9/2021).

Tim kemudian mendapati satu pucuk senjata api jenis pistol P1, sejumlah magasen, senapan (senjata rakitan) dan beberapa perlengkapan perang seperti panah dan anak panah dan senjata tajam.

Sementara Pangkoopsgab Pinang Sirih, Brigjen TNI Susilo, mengapresiasi kinerja pasukan dari Yonif Para Raider 501. Pengamanan dan patroli membuat suasana di wilayah tersebut saat ini relatif aman, tidak ada gejolak menonjol.

"Untuk Satgas Yonif PR 501 Kostrad secara umum mereka telah melaksanakan tugas dengan berhasil dengan indikator sampai hari ini tidak ada gejolak sosial di tempat mereka bertugas," ujar Brigjen Susilo.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan