Respons Erick Thohir Kala Risma Geram Rekening Penerima Bansos Diblokir

Menteri BUMN Erick Thohir merespons terkait masalah pemblokiran rekening penerima bantuan sosial (bansos). Persoalan ini sempat disinggung Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharani beberapa waktu lalu karena munculnya permasalahan bantuan sosial di daerah-daerah.

Saat itu, Risma sempat naik pitam gara-gara pemblokiran rekening bank penerima membuat penyaluran bansos mandek. Bank-bank penyalur ini adalah yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank-bank Negara) alias Bank BUMN.

Erick pun menegaskan pihak bank tentu tidak ada keinginan menghambat penyaluran bansos.

"Saya yakinkan dengan segala kerendahan hati, pasti Himbara sebagai bagian dari pemerintah tidak maksud menghambat atau melakukan (pemblokiran), tapi memang kita perlu sinkronisasi sistem. Sistem di pemerintahan pusat, di pemerintah daerah atau di Himbara itu kan perlu disinkronkan," ujar Erick di sela-sela kunjungan ke Kimia Farma Depo dalam rangka melihat sistem kerja FarmaPlus dan implementasinya di lapangan, Sabtu (4/9/2021).

Oleh sebab itu, lanjut Erick, Pemerintah bersama DPR sedang mendengarkan juga masukan dari berbagai golongan masyarakat mengenai proteksi data pribadi. "Karena itu kan proteksi data pribadi harus dilindungi tetapi jangan juga ini menyetop program satu data," ujarnya.

Sebab, program satu data ini sangat penting untuk menjaga program pemerintah subsidi tidak salah sasaran. Salah satu contohnya dari mulai restrukturisasi kredit UMKM hingga penyaluran pupuk ke daerah.

"DPR sudah bicara bagaimana pupuk bisa langsung ke rakyat. Nah hal-hal ini memang perlu waktu, dan saya rasa harus terus dilanjutkan. Tetapi sinkronisasi kita itu hal yang maklum. Kita melihat ini hal yang positif, ini era yang transparan. Kita harus saling koreksi, kita menjadi bagian itu," jelas Erick

Dia juga memastikan segera mengecek langsung ke bank-bank BUMN terkait masalah penyaluran bansos tersebut.

"Nah tentu bila di situ ada kekurangan di sana sini, saya akan cek langsung permasalahannya apa," janji Erick.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan