Sederet Manfaat Bendungan Paselloreng yang Diresmikan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meresmikan Bendungan Paselloreng dan Bendungan Gilireng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Dua bendungan yang diresmikan hari ini merupakan 17 bendungan yang tahun ini akan diresmikan oleh Jokowi hingga akhir Desember 2021 mendatang

"Alhamdulllah bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo yang dibangun tahun 2015 hari ini sudah selesai dan siap difungsikan," kata Jokowi, Kamis (9/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memaparkan berbagai macam kelebihan bendungan yang menghabiskan biaya senilai Rp 771 miliar tersebut.

"Bendungan ini bermanfaat untuk ketahanan air, bisa mereduksi banjir, sungai Gilireng 489 meter per detik, dan menyediakan air baku 145 liter detik yang akan melayani enam kecamatan di Kabupaten Wajo," katanya.

"Juga berfungsi tentu saja untuk daerah konservasi yang dapat dimanfaatkan untuk pariwisata dan memberi alternatif pendapatan baru bagi masyarakat," jelasnya.

Bendungan Paselloreng sendiri memiliki kapasitas tampung 138 juta meter kubik dengan luas 1.258 hektare. Bendungan ini diharapkan dapat mengairi sawah seluas 8.500 hektare.

"Kita harapkan dengan suplai air yang ada akan meningkatkan frekuensi tanam. Mungkin satu bisa jadi tiga atau dua. Sehingga meningkatkan produktivitas lahan serta akhirnya meningkatkan kesejahtraan petani," katanya.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan