Seragam Lapangan Yasonna Disorot Warganet, Kemenkumham: Senyumin Aja

Ada sisi lain saat Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly mengunjungi Lapas Kelas I Tangerang yang terbakar pada Rabu (8/9). Yasonna tampak mengenakan seragam lapangan yang berkelir merah-putih.

Tampak di media sosial Twitter, Kamis (9/9/2021), foto Yasonna yang mengenakan seragam lapangan itu diberi keterangan 'Fashion Anak Jaksel'. Seragam lapangan itu berupa kemeja lengan pendek dengan paduan warna merah di bagian dada hingga lengan dan sisanya berwarna putih.

Di bagian bahu masing-masing di kanan-kiri tercetak empat bintang. Di bagian dada kanan terdapat nama 'LAOLY', sedangkan di sisi kiri tertulis 'KUMHAM'. Di bawah emblem 'KUMHAM' tertulis emblem perpaduan huruf Y, H, dan L, yang diduga merupakan inisial Yasonna Hamonangan Laoly.

Ada pula logo Kemenkumham di dada kiri atas dan lengan kiri. Sedangkan di lengan kanan tampak tertulis 'SETJEN' dan lingkaran dengan paduan warna merah-putih.

Seragam lapangan itu memiliki dua kantong di bagian dada yang masing-masing tertempel emblem. Di bagian kiri tertulis 'INDONESIA MAJU' dengan angka 75. Seragam ini tampaknya sudah setahun lebih karena untuk tahun ini Indonesia sudah merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 pada 17 Agustus lalu.

Mengenai sorotan warganet tentang seragam itu, Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman tidak terlalu ambil pusing. Erif hanya menjelaskan seragam itu merupakan seragam lapangan yang biasa dipakai Yasonna.

"Biasa, senyumin aja," ucap Erif.

Erif menyebutkan seragam itu dipakai untuk level pimpinan. Sedangkan unit-unit kerja di Kemenkumham memiliki seragam lapangan masing-masing dengan corak warna untuk membedakan dari unit lainnya.

"Itu cuma untuk pimpinan saja dan untuk lapangan gitu kalau Pak Menteri keluar," kata Erif.

"Karena ada juga unit-unit lain yang punya seragam lapangan khusus, contoh (Direktorat) Pemasyarakatan warna hitam, Imigrasi ada sendiri. Jadi masing-masing unit ada, untuk membedakan saja," imbuh Erif.

Sedangkan untuk seragam resmi Kemenkumham, disebut Erif, masih tetap sama, yaitu yang berwarna biru langit. Namun, saat kegiatan tertentu, seperti upacara, biasanya dilengkapi dengan jas pakaian dinas upacara berwarna biru dongker. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan