Ssst..Ada Harta Karun Nih di Laut RI, Potensinya Rp 6 T

Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono, mengungkapkan Indonesia memiliki potensi sumber daya perikanan yang luar biasa, termasuk dalam potensi ikan hias, salah satunya adalah ikan nemo

"Nemo itu dari Maluku lho, yang filmnya disukai anak-anak. Ikan itu sangat bagus di Maluku, di tempat penangkaran itu indah sekali," katanya dalam CNBC Indonesia, Kamis (23/9/21).

Potensi ekspor dari jenis ikan ini tinggi. Ikan hias punya angka ekspor yang besar. Trenggono memperkirakan, angka ekspor setiap tahun dari keseluruhan ikan hias mencapai triliunan.

"Ikan hias juga jadi satu potensi ekspor tinggi, nilai pasarnya sekitar US$ 300-350 juta sekitar Rp 5 triliun sampai Rp 6 triliun, Indonesia punya yuridikasi dalam jenis perikanan hias dari ikan darat sampai ikan-ikan laut," sebutnya.

Industri ikan hias pun banyak, mulai dari ikan darat sampai ikan laut. Namun, yang tidak boleh diremehkan adalah turunan lainnya, sehingga bukan hanya dari sisi ikan tapi produk ikutan seperti tempat akuarium dan seluruh ornamen, itu melibatkan jumlah orang yang bekerja tidak kurang dari 50 ribu jiwa.

"Tujuan ekspor ikan hias mulai dari AS, Jepang, kawasan Asean termasuk Singapura dan Eropa, mereka suka ikan air tawar Indonesia dan suka ikan hias laut juga. Negara ini jadi bonus demografi, jadi sebagai negara tropis seperti kita punya keunikan yang bagus dibanding lain," kata Trenggono.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan