Stafsus Presiden Sebut 1.733 Km Jalan Trans Papua Sudah Diaspal

Jelang gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, pembangunan Jalan Trans Papua sudah mencapai 3.446 kilometer. Sepanjang 1.733 kilometer diantaranya sudah teraspal.

"Sampai saat ini, perkembangan Trans Papua dari total panjang 3.462 KM telah tembus sepanjang 3.446 KM, dengan status belum teraspal 1.712 KM dan teraspal 1.733 KM," jelas Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar menyebut dikutip dari siaran persnya, Minggu (26/9).

Jalan Tol Trans Papua membentang dari Kepala Burung di Wilayah Adat Domberai (sorong) sampai dengan Bumi Anim Ha di Selatan Tanah Papua (Merauke). Jalan Trans Papua ini merupakan salah satu proyek strategis nasional dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Menurutnya, proyek Trans Papua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dengan meningkatkan akses serta konektivitas antar wilayah. Sehingga, dapat membuka daerah yang terisolasi.

"Selain itu, pembangunan Trans Papua juga diharapkan dapat mengurangi indeks kemahalan, mengurangi angka kemiskinan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia," kata Billy.

Menurutnya, sebagian besar masyarakat yang ditemuinya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang secara konsisten terus melakukan pembangunan di tanah Papua. Masyarakat berharap proyek tersebut mampu membuat Papua lebih berkembang.

"Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang terus mendukung percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat, juga seluruh Jajaran Kementerian PUPR yang terus berkomitmen mengurangi kesenjangan antar daerah," ujarnya.[merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan