Tahap Awal, Jokowi Siapkan Rp 510 M untuk Ibu Kota Baru!

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru tetap berlanjut di tahun depan. Ini tercermin dari porsi anggaran yang disediakan untuk pembangunannya.

Anggaran pembangunan IKN baru ini tertuang dalam dokumen Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 yang dikutip CNBC Indonesia pada Jumat (24/9/2021). Dalam dokumen ini disebutkan pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 510,79 miliar untuk pembangunan IKN baru.

Pembangunan IKN baru ini masuk dalam program prioritas nasional Pemerintah di tahun 2022. Untuk pembangunannya masuk dalam strategi percepatan pertumbuhan dan pengembangan wilayah Kalimantan.

"Membangun Ibu Kota Negara (lKN) di Provinsi Kalimantan Timur beserta infrastruktur pendukungnya sebagai pusat pemerintahan baru dan pendorong diversifikasi ekonomi wilayah," tulis RKP ini.

Untuk mendukung pembangunan IKN baru ini, pemerintah juga mengembangkan kawasan perkotaan yang ada di Kalimantan. Ini agar bisa mendukung kawasan industri serta pariwisata yang ada di sekitarnya.

"Mengembangkan kawasan perkotaan termasuk Wilayah Metropolitan Banjarmasin dan Kota Baru Tanjung Selor sebagai pusat pelayanan wilayah dan pendukung kawasan industri dan pariwisata di sekitarnya, serta kota penyangga IKN baru yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda," jelas dokumen tersebut.

Sebelumnya, Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan telah menyiapkan rencana untuk perpindahan para ASN ke IKN baru. Pada tahun 2022, ada sebanyak 2.350 PNS yang akan dipindahkan ke IKN untuk tahap awal.

"Program prioritas BKN (2022) yang kedua adalah pemetaan, penilaian potensi dan kompetensi ASN khusus untuk ASN yang akan dipindahkan ke Ibu Kota Baru dengan target 2.350 orang dengan kebutuhan anggaran Rp 5,5 miliar," ujarnya dalam rapat kerja bersama dengan Komisi II DPR RI, Senin (20/9/2021).[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan