Vaksinasi di Solo Tembus 100 Persen, Gibran Bilang Masih Punya PR

Capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Solo disebut sudah menembus angka 100 persen. Meski demikian, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan tidak akan menghentikan vaksinasi dan bakal menambah target hingga 120 persen.

Adapun target awal vaksinasi Kota Solo adalah 417.151 orang atau sekitar 75 persen dari jumlah penduduk Solo. Menurutnya, saat ini Pemkot Solo masih dalam proses memvaksin para pelajar berusia 12 tahun ke atas.

"Ya memang capaian vaksinasi sudah di atas 100 persen, tapi kita tidak berhenti, kita targetkan 120 persen. Kita masih punya PR untuk memvaksin anak-anak 12 tahun ke atas," ujar Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Selasa (14/9/2021).

Gibran pun menegaskan herd immunity tidak akan terjadi jika daerah lain belum mencapai target vaksinasi. Seperti di Solo, kekebalan kelompok akan lebih optimal jika wilayah Solo Raya sudah mencapai target.

"Dan sekali lagi yang namanya vaksin itu bukan perlombaan, bukan siapa yang paling cepat, bukan siapa yang paling banyak vaksinnya. Tapi ini ada kerja keras seluruh kepala daerah yang ada di Solo Raya. Jadi yang namanya herd immunity bukan hanya di Solo saja, tapi ya Solo Raya, Jateng, sepulau Jawa," katanya.

Dia pun tak sesumbar terkait capaian vaksinasi yang cepat. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyebut Kota Solo cepat mencapai target karena jumlah warganya tidak banyak.

"Solo penduduknya sedikit, makanya capaian vaksinasi cepat dan banyak. Kalau kita sekali lagi, vaksinasi bukan perlombaan, tapi gotong royong bersama," ujarnya.

Selanjutnya, Gibran mengaku akan memperbanyak vaksinasi untuk warga luar Kota Solo. Hal ini sebetulnya sudah dilakukan Kota Solo di pusat-pusat keramaian, seperti pasar dan mal.

"Nanti koordinasi dengan kementerian, kita perbanyak sentra vaksinasi non domisili," pungkasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan