Yasonna: Lapas Tangerang Overkapasitas 400 Persen!

Menteri Hukum dan HAM menegaskan Lapas Kelas I Tangerang yang terbakar mengalami kelebihan kapasitas 400 persen. Ada 2.072 orang yang menghuni Lapas Tangerang.

"Nah, Lapas Tangerang ini overkapasitas 400 persen. Penghuni ada 2.072 orang," kata Yasonna dalam jumpa pers, Rabu (8/9/2021).

Yasonna menyebut kebakaran Lapas Tangerang melanda Blok C2. Ada beberapa kamar yang terkunci.

"Nah, yang terbakar ini adalah Blok C2. Jadi itu model paviliun-paviliun. Di dalam satu blok itu ada beberapa kamar-kamar, ya, yang terkunci, ya. Ada beberapa kamar-kamar yang terkunci," katanya.

Yasonna menyebut kebakaran terjadi dini hari. Petugas pengawas di atas yang pertama kali melihat kebakaran Lapas Tangerang sebelum melaporkannya.

"Nah, terjadi kebakaran jam 01.45 WIB. Petugas melihat, petugas pengawas dari atas melihat kondisi itu terjadi api, langsung menelepon kepala pengamanan di sini, langsung menelepon pemadam kebakaran," ujar Yasonna.

41 Orang Tewas

Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang sebelumnya memakan korban jiwa. Hingga pagi ini, dilaporkan ada 41 korban jiwa.

"Adapun yang meninggal dunia sebanyak 41 orang," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam jumpa pers di lokasi kebakaran, Rabu (8/9).

Irjen Fadil merinci ada delapan orang yang menderita luka berat. Sementara itu, 72 orang lainnya menderita luka ringan. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan