Corona Dipukul Mundur, RI Masuk Daftar Level 1 Covid-19 Dunia

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menurunkan level terkait Covid-19 untuk Indonesia. Berkat pengendalian Covid-19 yang baik, CDC berikan Indonesia Level 1 atau "rendah untuk penularan Covid".

Warga AS kini dapat bepergian ke Indonesia. Meski begitu, melalui situsnya, CDC sangat merekomendasikan pelancong untuk divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke Indonesia.

"Wisatawan harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 2 meter (6 kaki) dari orang lain," tulis CDC, seperti dikutip Minggu (31/10/2021).

Menurut CDC, pelancong yang sudah divaksinasi lengkap lebih kecil kemungkinannya untuk terpapar atau menyebarkan Covid-19.

"Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan pelancong yang divaksinasi lengkap mungkin berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan dan mungkin menyebarkan beberapa varian baru Covid-19," tambahnya.

Selain AS, Australia juga mulai mengizinkan warga negaranya untuk berkunjung ke Indonesia. Keputusan ini diambil setelah Negeri Kanguru menurunkan level nasihat perjalanan ke RI.

Awalnya Australia memberikan level tertinggi yakni 4 yang berarti "dilarang bepergian ke negara itu", tetapi kini turun menjadi level 2 atau "butuh kewaspadaan tinggi".

"Setelah penilaian yang cermat, saran perjalanan untuk Indonesia telah diturunkan ke level 2 dari 4. Di bawah kerangka saran perjalanan yang diumumkan hari ini, tidak ada tujuan internasional yang akan ditetapkan lebih rendah dari level ini," tulis Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams melalui akun Twitternya, Kamis.

Sementara dalam rilis terpisah dari situs Kementerian Luar Negeri Australia, perbatasan negara akan dibuka kembali secara bertahap mulai 1 November. Pemerintah Australia juga mengembalikan tingkat saran perjalanan khusus negara untuk 177 tujuan.

Sebagai informasi, perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air memang jauh lebih terkendali. Namun dalam beberapa hari terakhir, terjadi kenaikan kasus meskipun tidak dalam jumlah besar.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan