Didampingi Tito hingga Mahfud, Jokowi Resmikan PLBN Sota di Merauke

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke, Papua, pada Minggu (3/10/2021). Dalam peresmian ini, Kepala Negara ditemani jajaran Kabinet Indonesia Maju.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pos Lintas Batas Negara terpadu Sota saya nyatakan diresmikan," ujar Jokowi sebagaimana dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Kepala Negara menuturkan, kawasan perbatasan adalah beranda depan Indonesia yang mewakili wajah bangsa. Karenanya PLBN harus terus dibangun agar menjadi representasi kemajuan Indonesia yang amat membanggakan.

"Sejak tujuh tahun tearkhir saya perintahkan bangun kembali PLBN di berbagai titik di Tanah Air. Dengan wajah baru tampilan baru dan cara-cara pelayanan yang baru lebih baik yang jadi cerminan komitmen kita membangun Indonesia dari perbatasan," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan, PLBN Sota merupakan PLBN kedelapan yang telah dibangun di perbatasan Indonesia. PLBN Sota di Merauke ini juga menjadi yang kedua di Papua setelah PLBN Skouw di Jayapura.

"Saya lihat PLBN Sota dibangun dengan konsep terintegrasi, fasiltas lengkap, ada bangunan komersial, ada fasiltas umum dan sosial, mess pegawai, tempat ibadah, ada pasar, jalan pedestrian, area parkir, dan infrastruktur pendukung lainnya," ujarnya.

"Saya berharap PLBN Sota memberi pelayanan yang lebih baik dan nyaman pada masyarakat Indonesia yang melintasi perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini dan meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan serta mendorong pertumbuhan sentra perkonomian baru dan membuat masyarakat perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita Indonesia," tuturnya.

Dalam peresmian PLBN Sota di Merauke, Jokowi nampak ditemani Mendagri ex officio Kepala BNPP Tito Karnavian, Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan