Jenguk Bayi Idap Atresia Bilier di RS, Kahiyang Tak Sanggup Tahan Air Mata

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan istrinya, Kahiyang Ayu, menjenguk bayi berusia 7 bulan, Aiyla Adisty yang mengidap atresia bilier di Rumah Sakit Adam Malik. Kahiyang tak sanggup menahan air mata ketika menjenguk Aiyla.

Bayi tersebut merupakan anak pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27) yang merupakan warga Medan Area. Anak mereka, Aiyla, mengidap atresia bilier yang menyebabkan bagian perutnya membesar.

Olivia disebut sempat mengurus BPJS Kesehatan agar bayinya bisa mendapat perawatan medis di rumah sakit. Namun, perawatan dengan BPJS Kesehatan ternyata tak bisa didapat dengan cepat.

Dinas Sosial Medan kemudian membawa Aiyla ke RS Pirngadi Medan. Setelah diperiksa, RS Pirngadi menyatakan tak mampu menangani kondisi pasien karena keterbatasan alat dan merujuk Aiyla ke RS Adam Malik.

Bobby yang mendapat laporan kemudian memerintahkan Dinas Kesehatan dan Camat Medan Area membawa pasien ke rumah sakit. Akhirnya, pada Kamis (7/10/2021) malam, Aiyla dibawa dengan ambulans menuju RS Adam Malik Medan untuk mendapat perawatan.

"Saya dapat laporan ada bayi sakit gangguan hati. Masalahnya BPJS-nya belum siap jadi terkendala administrasi. Saya sudah minta Dinkes membantu. Alhamdulillah sudah dibawa ke RS Adam Malik. Mudah-mudahan bisa segera dirawat dan adik bayi Aiyla bisa sembuh," kata Bobby kepada wartawan sebagaimana keterangan tertulis dari Pemko Medan.

Bobby dan Kahiyang Ayu menjenguk bayi tersebut di RS Adam Malik. Ibu dari bayi tersebut kemudian bercerita kalau anaknya mengalami kelainan sejak lahir dengan kondisi gangguan pada empedu.

"Saat ini yang terus kita lakukan adalah mendoakan agar Aiyla diberi kesehatan, keluarganya diberikan kekuatan. Pembiayaan kita register ke Kota Medan," kata Bobby.

Kondisi Aiyla, berdasarkan cerita ibunya, semakin para saat memasuki usia 4 bulan. Perutnya terus membesar dan matanya menguning.

"Harusnya dioperasi pada usia 2 bulan, saat ini usia Aiyla sudah 7 bulan, katanya sudah telat," kata Olivia kepada Bobby dan Kahiyang.

Ada sejumlah opsi, salah satunya transplantasi hati walau sulit mendapat donor. Mendengar penjelasan Olivia dan melihat kondisi Aiyla, Kahiyang Ayu tak bisa menahan tangisnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan