Jokowi Akan Bangunkan Rumah untuk Warga Suku Asmat di Papua

Presiden Joko Widodo berjanji membangunkan rumah untuk sekitar 50 kepala keluarga (KK) warga Suku Asmat. Hal itu ia sampaikan saat bertemu sejumlah perwakilan Suku Asmat di Merauke, Papua.

Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk membangunkan rumah untuk warga Asmat. Ia juga meminta Bupati Merauke Romanus Mbaraka membantu rencana itu.

"Carikan tanah saja, nanti Pak Menteri PU yang bangun, jelas itu. Tanahnya Pak Bupati, rumahnya Pak Menteri PU," kata Jokowi di Merauke, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/10).

Pada kesempatan itu, sejumlah warga Suku Asmat bercerita bahwa mereka tak punya tempat tinggal. Saat ini, mereka tinggal di kontrakan tak layak huni.

Salah seorang warga Suku Asmat, Venansius, tidak menyangka bisa berdialog langsung dengan Jokowi. Ia berterima kasih kepada Jokowi yang mendengar kesulitannya.

"Saya minta Bapak, mohon rumah yang layak, air, itu saja yang saya minta. Bapak bilang, Bapak jawab langsung, 'Ya akan kerja sama dengan Bapak Bupati dan Bapak Pertanahan'," tutur Venansius.

Jokowi berkunjung ke Papua sejak Jumat (1/10). Agenda utama Jokowi di Tanah Papua adalah meresmikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Sabtu (2/10).

Jokowi juga meluangkan waktu untuk mengecek vaksinasi Covid-19 di sejumlah titik di Papua dan Papua Barat. Ia juga ikut bercocok tanam dengan para petani di Sorong, Papua Barat.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan