Jokowi Mau Jajal Sirkuit Mandalika, Motornya Sudah Tiba

Indonesia siap menyambut gelaran balap internasional. Tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan World Superbike (SBK) di Sirkuit Jalan Raya Mandalika. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan bakal menjajal aspal Sirkuit Mandalika menggunakan motornya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Bamsoet bilang, rencananya Jokowi dijadwalkan menjajal Sirkuit Mandalika hari ini, tapi harus diundur.

"Sebetulnya hari ini Presiden Jokowi akan mencoba untuk menjajal Sirkuit Mandalika. Motor beliau sudah ada di sana dan IMI siap mendampingi. Tapi ada pemberitahuan ditunda karena ada kegiatan kenegaraan yang lebih penting," ujar Bamsoet dalam acara konferensi pers kerja sama antara MGPA, IMI dan Dyandra Promosindo dalam penjualan tiket WSBK 2021, Selasa (19/10/2021).

Bamsoet memastikan, Jokowi akan menjajal Sirkuit Mandalika dalam beberapa waktu mendatang. Orang nomor satu di Indonesia tersebut akan menggunakan motor custom miliknya.

"Sehingga dalam beberapa hari ke depan Presiden akan hadir di Mandalika. Rencananya akan mencoba Sirkuit yang sudah siap di sana," ujar Bamsoet.

Beredar di media sosial foto-foto motor modifikasi Jokowi turun dari pesawat. Motor modifikasi Kawasaki W175 milik Jokowi kabarnya akan digunakan untuk menjajal Sirkuit Mandalika.

Sementara itu, Sirkuit Mandalika mengonfirmasi kesiapan mereka menggelar balapan WSBK pada pertengahan November dan menyambut MotoGP 2022. Konstruksi aspal sudah selesai 100% dan siap digunakan.

Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender sementara terbaru MotoGP 2022. Jika tidak ada halangan, MotoGP Indonesia akan dilangsungkan pada 20 Maret tahun depan. Itu bakal menjadi seri kedua setelah balapan pembuka di Qatar.

Sebelum menghelat MotoGP, bulan depan sirkuit kebanggaan Indonesia itu akan menggelar dua event balap. Yang pertama adalah Idemitsu Asia Talent Cup pada 12-14 November dan dilanjutkan dengan WSBK sepekan berselang.

Setelah Dorna mengeluarkan kalender sementara MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika memberikan update pembangunan lintasan balapan tersebut. Melalui situs resminya, pihak pengelola memastikan pembangunan aspal sudah selesai dan kini siap dipakai.

Proses yang masih dikejar pengerjaannya adalah pembangunan beragam fasilitas pendukung. Di antaranya Pit Building, Paddock, medical facility, dan Race Control Building. Pihak penyelenggara memastikan proses pengerjaan akan rampung pada akhir Oktober.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan