Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Hari Ini

Presiden Joko Widodo akan memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari ini, Jumat (1/10). Upacara akan dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan upacara digelar dengan protokol kesehatan ketat. Hal itu dilakukan menyusul pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

"Upacara terbatas," kata Heru lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (1/10).

Acara itu juga akan dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ketua DPR Puan Maharani juga diagendakan mengikuti kegiatan tersebut.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pun turut dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga disebut akan hadir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, upacara akan dilaksanakan pada 08.00 WIB. Usai acara tersebut, Jokowi akan bertolak ke Jayapura, Papua untuk melakukan kunjungan kerja.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati sejak 1966. Pada 17 September 1966, Panglima Angkatan Darat Jenderal Soeharto menerbitkan surat agar seluruh pasukan memperingati hari tersebut.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur, 1 Oktober 1966. Sejak pemerintahan Orde Baru, upacara itu digelar untuk mengingat peristiwa G30S.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan