Jokowi: RI Punya Cadangan Tembaga Terbesar Dunia, Banyak yang Nggak Tahu!

Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia termasuk negara dengan cadangan tembaga terbesar ke-7 di dunia. Potensi ini disebut harus bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin.

"Negara kita Indonesia memiliki cadangan tembaga yang sangat besar, sangat besar. Masuk dalam kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Ini yang banyak kita nggak tahu," kata Jokowi dalam acara Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021).

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar hilirisasi tambang tembaga terus dilakukan. Dengan begitu Indonesia bisa memiliki nilai tambah dari komoditas tembaga ini.

"Jangan sampai kita memiliki tambang, konsentrat, smelter hilirisasinya ada di negara lain seperti di Spanyol, Jepang, nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka. Inilah Kenapa smelter PT Freeport ini dibangun di dalam negeri yaitu di Gresik Provinsi Jawa Timur," ujarnya.

Jokowi menjelaskan smelter PT Freeport di KEK Gresik ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia karena akan mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

"Itu kalau dinaikkan truk yang kecil itu biasanya bisa ngangkut 3 sampai 4 ton, berarti berapa truk yang akan berjajar di sini. Kalau isinya 3 ton saja 1 truk, itu berarti ada 600.000 truk berjajar di sini, bayangkan, ini gede sekali atau 480 ribu ton logam tembaga," tuturnya.

Jokowi berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di KEK Gresik akan jadi daya tarik bagi industri lain khususnya industri turunan tembaga untuk ikut berinvestasi. Pemerintah disebut akan terus memberikan dukungan penuh agar iklim investasi di Indonesia semakin baik.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan