Kementerian Erick & Sri Mulyani Raih Nilai Terbaik, kok Bisa?

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di bawah kepemimpinan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kendali Menteri BUMN Erick Thohir menjadi dua instansi pemerintah dengan Sistem Merit terbaik.

Kedua kementerian ini mengisi posisi satu dan dua dari penilaian yang diberikan oleh Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan dua kementerian ini menjadi bagian dari total 13 kementerian yang mendapatkan nilai sangat baik atas penilaian ini. Sedangkan total kementerian yang dinilai berjumlah 34 kementerian.

"Dari 34 kementerian itu baru ada 13 yang dinilai sangat baik dan Kementerian BUMN itu adalah kementerian yang nilainya dua terbaik, artinya sama dengan Kementerian Keuangan. Artinya bahwa ini menjadi model bagi kementerian yang lain dan tentunya bagi instansi-instansi di daerah," kata Agus di Gedung Kementerian BUMN, Jumat (8/10/2021).

Untuk itu, dia mengharapkan sistem yang saat ini sudah dibangun di kementerian bisa menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sejalan dengan itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bisa dicapainya posisi ini memunculkan optimisme bahwa transformasi yang dilakukan berjalan dengan baik.

"Tentu kalau dua tahun yang lalu rankingnya belum sekarang, masih di bawah. Nah, ini juga tentu membangun optimisme kami bahwa transformasi yang kita lakukan di Kementerian BUMN ini berjalan sangat baik," kata Erick di kesempatan yang sama.

Untuk itu Erick mengharapkan bahwa posisi ini tidak membuat kementerian yang dipimpinnya ini tidak terlena. Namun semakin terpacu untuk mempertahankan posisi tersebut.

"Bahwa transformasi BUMN dari segi SDM juga dinilai sangat baik dan hasilnya baik dan ini saya tentu ingin mengucapkan terima kasih atas KASN dan tentu para tim Kementerian BUMN yang menjiwainya sama sesuai dengan core value kita AKHLAK. Dan saya berharap ii terus ita jaga dan insyaallah akan terus kita pertahankan," tandasnya.

Selain melakukan transformasi di internal, kementerian juga melakukan pengawasan terhadap korporasi pelat merah. Berkat hal yang dilakukan ini, BUMN masih bisa berkontribusi kepada negara mencapai Rp 375 triliun di tahun lalu kendati dalam keadaan yang kurang mendukung.

Adapun core value yang saat ini diterapkan oleh Kementerian BUMN adalah AKHLAK. Ini merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan