Luhut Perkirakan Januari 2022 Pandemi Berubah Jadi Endemi, Asalkan...

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan pada Januari 2022 Indonesia telah masuk fase endemi, setelah sebelumnya diguncang pandemi.

Namun demikian, fase endemi bisa terjadi di Indonesia asalkan pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 akibat tingginya mobilitas masyarakat.

Karena itulah pemerintah akan menyusun strategi agar tidak terjadi gelombang ketiga Covid di akhir tahun, sehingga Januari 2022 sudah masuk fase endemi.

"Presiden kembali menekankan kepada kami semuanya agar betul-betul berhati-hati dan menyiapkan seluruh langkah mitigasi apabila terjadi gelombang ketiga akibat Libur Natal dan Tahun Baru," ucap Luhut usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden secara virtual, Senin (18/10/2021).

Pemerintah, kata Luhut, akan menggelar sejumlah rapat untuk mengantisipasi lonjakan kasus di akhir tahun. Kemudian pemerintah juga akan memasifkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai sarana tracing dan vaksinasi hingga akhir tahun 2021. 

"Kalau ini terjadi saya kira ini bisa bagus, kalau kita bisa melampaui Nataru dengan baik pada Januari saya pikir kita sudah masuk endemi karena waktu saya kira kita harap terdapat obat antivirus ini," tutupnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan