Mahfud Bantah Indonesia Menjauh dari Nilai Agama

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md membantah jika saat ini Indonesia menjauh dari nilai agama. Dia mengatakan, di negeri ini siapa pun boleh menjalankan agamanya.

"Indonesia semakin jauh dari agama, ndak. Saudara saya naik pesawat bulan puasa, terharu juga saya pramugarinya itu puasa, salat jamak di atas pesawat, gak ada halangan karena ini negara Pancasila. Anda boleh melaksanakan ajaran-ajaran agama Anda di sini," tegas Mahfud dalam acara Kuliah Umum di Universitas Semarang (USM), Rabu (20/10/2021).

Bukan Islam yang diberikan kebebasan menjalankan agamanya, menurut Mahfud Hindu, Kristen dan agama lainnya pun diperkenankan. Untuk itu ia mengingatkan penguatan penghayatan ideologi Pancasila di perguruan tinggi.

"Jadi dasar wawasan kebangsaan kita itu ya Pancasila," katanya.

Pada kesempatan itu, Mahfud juga menekankan bahwa ideologi, dalam hal ini Pancasila, bukanlah pedoman dalam beragama melainkan pedoman untuk hidup bernegara.

"Saya ingin katakan bahwa ideologi itu kesepakatan tentang pedoman dan cara hidup bersama di dalam berbangsa dan bernegara. Bukan dalam beragama. Ini kadang kala orang kan salah, nganggap ideologi itu pedoman beragama, enggak, pedoman berbangsa nih," tekannya.

Jangan Ganggu Agama Lain

Di dalam Pancasila, lanjut Mahfud kehidupan beragama dilindung karena merupakan bagian dari hak asasi manusia.

"Anda mau beragama apa laksanakan di negara ini tapi jangan mengganggu dan mendiskreditkan orang yang beragama lain," tegasnya.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan