Naik Jip, Jokowi-Prabowo Cek Kesiapan Pasukan Komcad

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021. Upacara yang digelar di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini dilakukan dengan protokol kesehatan.

Pantauan detikcom melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (07/10/2021), upacara dimulai pukul 08.30 WIB. Upacara diawali dengan marching band melantunkan lagu 'Indonesia Raya'.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan laporan Komandan Upacara kepada Jokowi. Usai mendapatkan laporan dari Komandan Upacara, Jokowi pun melakukan pemeriksaan pasukan Komcad TNI.

Tak sendirian, Jokowi turut didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya tampak mengenakan setelan jas dan masker.

Jokowi memeriksa kesiapan pasukan dengan menumpangi mobil jip terbuka 'Indonesia 1' yang dikendarai anggota TNI perempuan. Jokowi dan Prabowo pun tampak diajak berkeliling mengecek kesiapan pasukan Komcad.

Setelah memeriksa kesiapan pasukan, Jokowi pun kembali ke mimbar upacara. Acara kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan laporan Menhan Prabowo.

Komponen cadangan adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi komponen cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI, dan di bawah kendali Panglima TNI. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan