Pesawat Rp354 Miliar Buatan Indonesia Diminati Dunia, Apa Keunggulannya?

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengekspor satu pesawat seharga Rp354 miliar dengan nomor CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA). Pesawat itu diekspor untuk Senegal Air Force dalam kegiatan Ferry Flight.

Pesawat ini rupanya dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup canggih. Selain dapat lepas landas dengan jarak yang pendek dengan kondisi landasan yang belum beraspal dan berumput, pesawat ini juga mampu terbang selama 8 jam. Hal itu karena pesawat dibekali sistem avionik glass cockpit, autopilot, dan adanya winglet di ujung sayap agar lebih stabil dan irit bahan bakar.

Tak hanya itu, CN235-220 Maritime Patrol Aircraft dilengkapi dengan Tactical Console (TACCO) dan 360⁰ Search Radar yang dapat mendeteksi target yang kecil sampai 200 NM (Nautical Mile). Untuk sistem pelacakan otomatis yang mengidentifikasi kapal sehingga dapat diperoleh posisi objek yang mencurigakan, pesawat memiliki Automatic Identification System (AIS).

Hal yang membuat pesawat kian canggih adalah adanya Forward Looking Infrared (FLIR) untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan target, serta mampu merekam situasi di sekitar wilayah terbang untuk evaluasi misi, baik dalam kondisi siang maupun malam hari.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan