Resmikan RS Jenderal TNI LB Moerdani di Merauke, Jokowi: Dibangun 20 Hari tapi Fasilitasnya Lengkap

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Modular Jenderal TNI LB Moerdani di Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (3/10/2021). Dalam peresmian ini, Kepala Negara ditemani Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Puan Maharani beserta menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya.

Jokowi mengungkapkan, RS LB Moerdani dibangun dalam waktu yang sangat singkat yakni 20 hari. Namun demikian, fasilitas yang ada di sana menurutnya sangat lengkap.

"Rumah sakit ini dibangun sangat cepat sekali kurang lebih 20-an hari," ujar Jokowi sebagaimana dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menambahkan, rumah sakit ini memiliki fasilitas sangat lengkap mulai dari ruang rawat inap isolasi, karatina, laboratorium, instalasi gawat darurat (IGD), radiologi, farmasi, dan sebagainya.

"Saya lihat RS ini punya fasilitas yang lengkap ada ruang rawat inap isolasi, karantina, laboratorium, IGD, OK, radiologi, dan farmasi yang sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan masyarakat yang sakit dengan pelayanan kesehatan yang cepat, mudah, dan terjangkau," tuturnya.

Jokowi melanjutkan, RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani siap dimanfaatkan masyarakat utamanya di wilayah Merauke. Rumah sakit ini mulanya diperuntukkan khusus untuk menangani Covid-19 di Papua.

Namun karena sekarang ini kasus Covid-19 sudah mulai melandai, akhirnya rumah sakit ini bisa diperuntukkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Usai gelaran PON, rumah sakit ini bisa digunakan oleh masyarakat umum.

"Di masa pandemi seperti sekarang ini fasilitas kesehatan di semua negara sangat dibutuhkan terutama di daerah-daerah yang sulit tejangkau agar masyarakat terlayani ketika menghadapi masalah kesehatan," ucapnya.

"Saya berpesan RS ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman," ujar Jokowi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan