RI Masuk Deretan Negara Level 1 COVID, Jubir Luhut: Jangan Cepat Berpuas Diri

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menempatkan Indonesia sebagai negara level 1 COVID-19. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat tetap waspada.
 
"Kita jangan terlalu cepat berpuas diri. Pak Luhut terus mengimbau agar kita semua tetap harus waspada," ujar Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi kepada wartawan, Sabtu (30/10/2021).

Jodi mengatakan RI saat ini masih harus belajar dari pengalaman negara lain. Dia berharap dengan ada hasil riset ini, masyarakat tidak mengendurkan protokol kesehatan.

"Kita harus belajar dari pengalaman negara lain, seperti negara-negara Eropa, Singapura, yang terlalu cepat melakukan relaksasi aktivitas masyarakat, dan protokol kesehatan karena merasa tingkat vaksinasi dosis 2 sudah di atas 60%, dan sekarang mereka mengalami lonjakan kasus yang signifikan," ucap Jodi.

"Bahkan secara relatif terhadap populasi, jumlah kasus harian mereka saat ini jauh lebih tinggi dibandingkan puncak kasus kita pada 15 Juli 2021," lanjutnya.

Selain itu, Jodi juga menyampaikan pesan Luhut agar masyarakat tetap mematuhi prokes. Dia juga mengatakan saat ini pemerintah juga terus melakukan 3M meski angka COVID di RI sudah melandai.

"Kita harus terus imbangi dengan penerapan 3M yang ketat, testing tracing yang tinggi dan penggunaan PeduliLindungi," jelasnya.

Diketahui, CDC AS menempatkan Indonesia sebagai Level 1 COVID-19. Artinya, Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat risiko dan penularan COVID-19 yang rendah.

Dikutip dari laman resmi CDC, ada lima Level COVID-19. Mulai dari level tidak diketahui (Level Unknown), Level 1 (rendah), Level 2 (sedang), Level 3 (tinggi), Level 4 (sangat tinggi).

Selain Indonesia, ternyata sudah banyak negara yang masuk ke dalam Level 1 COVID-19. Bahkan China, negara tempat COVID-19 pertama kali diidentifikasi, juga masuk dalam level ini.

Kabar Indonesia Level 1 COVID-19 ini juga membuat Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin merasa bersyukur. Ia juga sempat membagikan informasi ini melalui Instagram Stories miliknya.

"CDC US put Indonesia to Level 1 Country Amid Better COVID-19 Control, Alhamdulillah," tutur akun Instagram @siddikbadrudin yang direpost Menkes Budi (@budigsadikin) yang dilihat detikcom, Sabtu (30/10).[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan