Survei SMRC: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Pemerintah Masih Tinggi

Rilis survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Dua Tahun Kinerja Presiden Jokowi” menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan KH Maruf Amin masih tinggi bahkan cenderung meningkat.

“Pertama kita melihat evaluasi publik terhadap kinerja Presiden Jokowi secara umum, kita mencatat 68,5% masyarakat Indonesia sangat atau cukup puas dengan kinerja presiden Jokowi,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas kepada dalam pemaparan survei, Selasa (19/10/2021).

Kemudian, Sirojudin menjelaskan, publik yang kurang puas 23,5% dan tidak puas hanya 6%, dan tidak tahu atau tidak menjawab ada 2%. Namun, kata dia, kalau dilihat tren survei pada April 2019 atau sebelum pandemi sampai survei terakhir hari ini, Covid-19 tidak terlalu memengaruhi pada kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi. Tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi saat ini ada 68,5%, sedikit lebih tinggi dari survei Juni 2019 yakni, 62,2%.

“Saat Covid-19 tinggi pun pada Maret dan Mei 2021 kepuasan pada Presiden Jokowi tinggi yakni 77% dan 75,7%. Meskipun demikian dibanding April memang kepuasan pada April 2019, posisi kepuasan yang kita temukan pada September ini masih cukup rendah,” tambah Sirojudin. 

Diketahui, survei ini dilakukan pada 15-21 September, dari 1.220 sampel responden, yang berhasil diwawancara 981 orang atau 80%. Responden diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancara yang sudah dilatih. Margin of error dalma survei ini 3,19% pada tingkat kepercayaan 95%. [sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan