Tak Lepas Jokowi, Panglima TNI Terima Penghargaan dari Singapura

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bertolak ke Singapura. Kunjungannya ke Negeri Singa dalam rangka menerima tanda kehormatan dari Presiden Singapura, YM Halimah Yacob.

Berdasarkan rilis dari Kabid Penerangan Internasional Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Djawara HT Whimbo, Hadi dianugerahi 'Darjah Utama Bakti Cemerlang' atau dikenal dengan sebutan 'Distinguished Service Order'. Upacara penganugerahan tanda kehormatan digelar di Istana Kepresidenan Singapura, Jumat (29/10/2021) sore.

Djawara menjelaskan tanda kehormatan adalah bentuk apresiasi atas pengabdian dan jasa Hadi. Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu dinilai meningkatkan hubungan baik TNI dengan Angkatan Bersenjata Singapura.

Djawara menyebut ini pertama kalinya Presiden Halimah memberikan medali penghormatan dalam dua tahun terakhir.

Usai menerima tanda kehormatan Distinguished Service Order, Hadi mengunjungi Menteri Pertahanan Singapura, YM Dr Ng Eng Hen dan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Letnan Jenderal Melvyn Ong, PPA (E).

Dubes LBBP RI untuk Republik Singapura, Suryo Pratomo, Asisten Operasi Panglima TNI, dan Kepala Pusat Kerja Sama Internasional TNI juga turut mendampingi Hadi.

Sebelumnya ketidakhadiran Hadi saat melepas Presiden Joko Widodo terbang ke Eropa menjadi sorotan. Yang tampak mengantar Jokowi adalah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa.

Biasanya, dalam kesempatan sebelumnya, Hadi Tjahjanto ikut melepas Jokowi jika di sana hadir Kapolri Jenderal Sigit. Seperti diketahui, Jokowi tengah mencari calon panglima TNI baru menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun bulan depan.

Saat ini, belum ada keputusan dari Jokowi, bahkan surat presiden (surpres) calon panglima TNI baru belum dikirimkan ke DPR RI. Nama Andika santer berpeluang besar dipilih menggantikan Hadi.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan