Terungkap! Ternyata Gelar Menkes Setingkat dengan Gibran di Keraton Solo

Beberapa hari yang lalu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menerima gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta saat berkunjung ke Solo. Gelar yang diperoleh Menkes setingkat dengan gelar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yakni Kanjeng Pangeran.

"Gelarnya Kanjeng Pangeran Budi Adinagoro. Maksudnya agar berbudi yang bagus untuk negara," kata Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Dipokusumo, saat dijumpai di Sasana Semorokoto, Jumat (1/10/2021).

Sementara Gibran pada pekan sebelumnya juga menerima gelar dari Keraton Kasunanan Surakarta. Gelarnya ialah Kanjeng Pengeran Gibran Rakabuming Widuronagoro.

Dipokusumo menjelaskan dengan diberikannya gelar untuk Budi Gunadi, maka dia sudah dianggap seperti kerabat keraton. Pertimbangan keraton memberi gelar ialah karena jasanya untuk masyarakat.

"Beliau sebetulnya ke sini datang untuk kunker. Ini kan tempat budaya, fungsinya ada pelestarian, pengembangan pemanfaatan dan perlindungan, tapi sekarang dipakai juga untuk vaksinasi," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin menerima gelar keraton usai meninjau vaksinasi di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (29/9/2021). Salah satu alasan pemberian gelar ialah terkait penanganan COVID-19 di Indonesia.

Terkait upacara pemberian gelar bagi Menkes dan Gibran yang belum terlaksana, Dipo mengatakan hal tersebut dapat dilaksanakan di kemudian hari. Sebab saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Iya (kemungkinan ada upacara pemberian gelar), kalau sudah tidak pandemi. Seperti nikahan, resepsinya nanti," tutupnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan