Tren Elektabilitas Prabowo Melemah, Gerindra: Yang Penting Nomor 1

Tren Prabowo Subianto dalam survei capres 2024 yang dilakukan SMRC menurun meski tetap di peringkat pertama. Gerindra menilai peringkat lebih penting dari persentase dalam survei elektabilitas.

"Kalau teori survey elektabilitas tokoh, peringkat lebih penting dari persentase. Sebab yang disurvei kan banyak tokoh," ujar kata Waketum Gerindra, Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

Dia mengatakan posisi Prabowo di peringkat pertama stabil. Menurutnya hal ini membuktikan publik melihat kinerja Prabowo dalam bidang pertahanan.

"Alhamdulillah bagus sekali survei Pak Prabowo stabil di nomor 1, ini bukti publik melihat kerja nyata beliau di bidang pertahanan," tuturnya.

Meski begitu, Habiburokhman mengatakan pihaknya tidak akan terlena dengan hasil survei capres saat ini. Gerindra disebut akan terus bekerja untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.

"Walaupun survei Pak Prabowo bagus terus kami tak akan terlena, kami akan terus bekerja keras melayani rakyat agar tetap mendapat kepercayaan mereka," ujar Habiburokhman.

Hasil Survei SMRC

Diketahui, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei terkait calon presiden (capres) 2024. Hasilnya Prabowo Subianto berada di puncak teratas disusul Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei dilakukan pada 15-21 September 2021 dengan metode wawancara langsung atau tatap muka. Total responden sebanyak 1.220 orang yang dipilih secara acak dengan rate usia 17 tahun atau yang sudah menikah.

Margin of error rata-rata dari survei tersebut sebesar kurang-lebih 3,05% dengan tingkat kepercayaan sebesar 96%.

SMRC memberikan 15 nama kepada responden dengan pertanyaan mana yang akan dipilih jika pemilu dilakukan hari ini. Hasilnya Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas, kemudian disusul Ganjar Prabowo dan Anies Baswedan.

Prabowo mendapat suara dukungan 20,7% disusul Ganjar Pranowo 19%, dan Anies Baswedan 14,3%. Suara Prabowo dan Ganjar sangat tipis.

"Dari survei sebelum SMRC sebelumnya pada Mei 2021, tren Prabowo terlihat menurun dari 24,4% menjadi 20,7%. Sementara Ganjar naik dari 15,7% jadi 19%. Sedangkan Anies bertahan pada 14,3%," kata Direktur Survei SMRC Deni Irvani, Kamis (7/10/2021).

Simak hasil lengkap survei terkait calon presiden 2021:

Prabowo Subianto 20,7%
Ganjar Pranowo 19,0%
Anies Baswedan 14,3%
Sandiaga Uno 6,5%
Tri Rismaharini 4,6%
Agus Harimurti Yudhoyono 4,5%
Ridwan Kamil 4,4%
Mahfud Md 2,0%

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan