6 Gebrakan KSAD Jenderal Andika Perkasa, Nomor 4 Bikin Prajurit AS Kagum

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto kepada DPR RI. Nama calon tunggal dalam surat presiden yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani itu adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa .

Pria kelahiran Bandung, 21 Desember 1964 ini menjabat KSAD sejak November 2018. Selama menjabat KSAD, sejumlah gebrakan dilakukan oleh jebolan Akademi Militer (Akmil) 1987 ini. Berikut sejumlah gebrakan Andika Perkasa selama menjabat KSAD:

1. Ubah Mabesad Makin Cantik

Gedung Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat menjadi sangat indah di tangan Jenderal TNI Andika Perkasa. Kantor pusat AD ini berubah drastis setelah dilakukan berbagai renovasi hingga pembangunan gedung baru membuat lebih modern dan elegan.

Bahkan, perubahan drastis itu membuat Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat Mayjen TNI Ferry Zein berdecak kagum saat datang ke Mabesad bersama sang istri pada Februari 2021. Ferry mengaku terakhir kali menginjak Mabesad pada empat tahun lalu. “Saya bangga masuk ke sini karena perkantoran maupun seluruh fasilitas yang ada di sini jauh lebih baik,” ujarnya, Senin (23/2/2021).

2. Bagikan Ratusan Kendaraan Dinas

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid melihat kendaraan dinas yang akan didistribusikan untuk satuan jajaran TNI AD.Foto/Istimewa/Dispenad

Andika menyerahkan sebanyak 547 unit kendaraan dinas baru bagi satuan-satuan yang ada di TNI Angkatan Darat pada awal Mei 2021. Sebanyak 547 unit kendaraan dinas yang terdiri dari mobil dan motor itu merupakan hasil pengadaan tahun anggaran 2020.

Kemudian, pada September 2021 Andika mendistribusikan sebanyak 353 kendaraan dinas kepada satuan jajarannya. Kendaraan dinas yang dibagikan adalah hasil pengadaan TNI AD tahun anggaran 2020-2021 dan dukungan SKK Migas.

353 unit itu terdiri dari roda empat sebanyak 118 unit dan roda dua sebanyak 235 unit. Andika Perkasa menyampaikan, TNI AD terus mengupayakan dan memperbaiki kualitas pengadaan atas kendaraan dinas yang didukung dengan teknologi mutakhir. "Tujuannya guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI AD ke depan agar lebih baik lagi," kata Andika pada Senin (27/9/2021).

3. Tindak Tegas Prajurit Perusak Polsek Ciracas

Tindakan tegas Andika Perkasa kepada para prajuritnya yang terlibat dalam kasus perusakan hingga pembakaran Mapolres Ciracas pada Sabtu 29 Maret 2020 dini hari mendapat apresiasi sejumlah pihak. “Kalau soal tersulut, itu masing masing prajurit, yang jelas tindakan apa yang dilakukan itu, tanggung jawab. Soal hoaks itu salah sendiri, yang jelas itu risiko mereka,” kata Andika kepada wartawan di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Minggu (30/8/2020).

Andika Perkasa pun memohon maaf atas insiden penyerangan Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur. Sebanyak 67 prajurit TNI yang terlibat kasus tersebut divonis bersalah oleh Pengadilan Militer II-08 Jakarta pada Mei 2021. 17 prajurit TNI di antaranya dipecat dari dinas kemiliteran.

4. Latihan Besar-besaran dengan US Army

Latihan bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 tahun 2021 yang diikuti oleh prajurit TNI AD serta pasukan US Army menjadi salah satu bentuk latihan tempur bersama untuk meningkatkan kemampuan para prajurit. "Kepada prajurit TNI AD dari Batalyon Infanteri 712/Wiratama, manfaatkan waktu yang kita habiskan bersama mereka. Ingat yang terpenting justru adalah pertemanannya," kata jenderal bintang empat tersebut, Selasa (10/8/2021).

Bahkan, Commanding General United States Army Pasific (USARPAC) General Charles A. Flynn memuji kehebatan prajurit TNI AD. “Untuk prajurit TNI AD yang berada di sini, kalian sangat hebat,” kata Flynn.

Dia mengaku betapa berat dan sulitnya latihan yang dijalankan para prajurit TNI AD. “Tetapi saya juga tahu kalian sangat profesional dan kuat dalam menjalaninya,” katanya.

5. Operasi Aprilia Manganang

TNI AD di bawah Andika Perkasa juga pernah membantu operasi Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang yang menderita kelainan hipospadia. Adapun hipospadia adalah letak lubang kemih pada bayi laki-laki tidak normal.

Andika menjelaskan bahwa Aprilia Manganang bukan seorang transgender dan interseks. Dia mengungkapkan bahwa Aprilia Manganang terlahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia.

6. Menghapus Tes Keperawanan

Andika Perkara menyatakan telah memperbaiki pola rekruitmen di TNI AD. Sejumlah tes yang dianggap tak relevan telah ditiadakan, salah satunya tes keperawanan bagi Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Andika mengatakan, sebelumnya dalam proses perekrutan Kowad, ada yang dinamakan pemeriksaan inpeksi vagina dan serviks. Hal yang sama berlaku untuk pemeriksaan selaput dara yang kini tak lagi digunakan sebagai penilaian tes.

"Hymen atau selaput dara tadinya juga merupakan satu penilaian, apakah hymen utuh atau ruptur sebagian atau ruptur yang sampai habis. Sekarang tidak ada lagi. Tujuan penyempurnaan materi seleksi itu lebih ke kesehatan. Sehingga yang tidak berhubungan lagi dengan itu, tidak perlu lagi," kata Andika kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).[sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan