Hore! BLT Desa & Program Kartu Sembako Ditambah Bulan Depan

Pemerintah memastikan akan menambah sejumlah program bantuan sosial (bansos) dalam rangka mengatasi masalah kemiskinan ekstrem, lantaran dampak dari pandemi Covid-19.

Penambahan yang akan ditambah adalah program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa sebesar Rp 300 ribu selama tiga bulan. Bantuan ini akan diberikan pada 694 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Ini membutuhkan surat edaran bersama Kemendagri dan Kemendes dan ini penyesuaian PMK sedang disiapkan," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas secara tertutup, Kamis (18/11/2021).

Selain BLT Desa, pemerintah juga akan menambah bantuan untuk program Kartu Sembako. Bantuan tersebut akan diberikan sebesar Rp 300.000 selama 3 bulan untuk 1,4 juta KPM.

Airlangga mengatakan, pada tahun ini pemerintah menargetkan angka kemiskinan dapat ditekan di bawah 10% atau tepatnya 8-9%. Upaya pengentasan kemiskinan akan difokuskan di 35 kabupaten kota di 7 provinsi pada tahun ini

"Arahan presiden terkait dengan agenda kemiskinan disampaikan bahwa kemiskinan ekstrem tahun 2024 itu targetnya adalah 0%," jelas Airlangga.

Berdasarkan roadmap pengentasan kemiskinan pemerintah, pada 2022 angka kemiskinan ditargetkan berada di kisaran 3-3,5%. Sementara itu, untuk tahun 2023 mendatang ditargetkan menjadi di kisaran 2,3%-3%.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan