Ini Alasan Jokowi Terus Pakai Masker saat Bincang dengan Para Pemimpin G20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT G20 di Roma, Italia. Momen Jokowi yang selalu bermasker di hadapan para pemimpin dunia pun menuai sorotan. Kenapa Jokowi terus pakai masker?

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (31/10/2021), setelah mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Hotel Splendide Royal, Roma, Sabtu, 30 Oktober 2021, Presiden Jokowi menuju La Nuvola untuk menghadiri KTT G20.

Setibanya di La Nuvola, Jokowi disambut langsung oleh Perdana Menteri Italia, Mario Draghi. Keduanya kemudian berfoto bersama sebelum menuju tempat seluruh ketua delegasi yang hadir melakukan foto bersama.

Pada sesi foto bersama, Jokowi berada di barisan depan tengah, bersama troika lainnya yaitu Italia dan Arab Saudi. Di sebelah kanan Presiden Jokowi berdiri Sultan Hassanal Bolkiah, sementara di belakang Presiden berdiri Kanselir Jerman Angela Merkel dan PM India Narendra Modi.

Jokowi tampak terus mengenakan maskernya saat berbincang dengan para pemimpin negara lain. Jokowi terlihat hanya melepaskan maksernya saat sesi foto dimulai.

Diketahui, usai berfoto bersama, seluruh pemimpin delegasi memasuki ruangan untuk mengikuti sesi working lunch tentang ekonomi dan kesehatan global. Dalam pidato pembukanya, PM Italia Mario Draghi mengatakan bahwa pandemi telah memisahkan semua warga negara dan untuk menjawab tantangan tersebut kerja sama multilateral adalah jawaban terbaik.

Dalam sesi tersebut, Presiden Joko Widodo turut didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Co-Sherpa Kementerian Luar Negeri Dian Triansyah Djani.

Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama pemimpin negara G20 menghadiri pertunjukan kebudayaan sebelum pelaksanaan jamuan makan malam resmi oleh Presiden Italia, Roma, 30 Oktober 2021.

Jokowi juga tampak berbincang bersama sejumlah pemimpin seperti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, hingga Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Dari foto yang dibagikan, Jokowi juga terus memakai masker saat berbincang dengan para pemimpin tersebut.

Momen Jokowi terus memakai maskernya ini jadi perbincangan warganet. Lantas, apa alasan Jokowi terus memakai maskernya?

Pandemi Masih Ada

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa Presiden Jokowi terus memakai maskernya untuk menjaga prokes. Pasalnya, pandemi masih terus ada.

"Tetap menjaga protokol kesehatan karena pendemi masih terus ada," kata Heru saat dihubungi, Minggu (31/10/2021).

Selain itu, Heru mengatakan bahwa kondisi Corona di Italia belum diketahui sejauh apa. Maka dari itu, lebih baik menjaga prokes.

"Kondisi negara Italia kita tidak tahu sejauh mana dampak penularan pandemi Covid-19, sehingga lebih baik menjaga protokol kesehatan," ungkapnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan