Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI, Siapa KSAD Selanjutnya?

Pengajuan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI menyisakan tanda tanya soal Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) selanjutnya. Lantas siapa jenderal pengganti Andika di TNI AD? Letjen Dudung disebut-sebut sebagai calon kuat.

Jenderal Bintang Tiga di TNI AD

Saat ini ada sejumlah nama yang mengisi pos jabatan jenderal bintang tiga di TNI AD. KSAD pengganti Andika Perkasa kemungkinan berasal dari nama-nama jenderal bintang tiga itu.

Berikut daftar lengkap jenderal bintang tiga dilansir dari situs TNI AD:

1. Wakil KSAD Letjen TNI Bakti Agus Fadjari
2. Irjenad Letjen TNI Benny Susianto
3. Koorsahli KSAD Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi
4. Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman
5. Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko
6. Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo
7. Ka RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya
8. Dankodiklat Letjen TNI AM. Putranto
9. Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman
10. Kasum TNI Letjen Eko Margiyono
11. Kepala BAIS TNI Letjen TNI Joni Supriyanto
12. Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin

Perihal KSAD pengganti Jenderal Andika ini, Mensesneg Pratikno belum bisa memberikan penjelasan. Pratikno mengatakan hal itu bakal dibahas setelah pergantian Panglima TNI.

"Belum. Nanti ada saat pergantian panglima pelantikan nah itu tentu saja harus segera pengisian KSAD yang baru," ujar Pratikno di DPR, Rabu (3/11/2021).

Letjen Dudung Calon Kuat KSAD

Skema Panglima TNI dan KSAD baru sebelumnya sempat disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon. Effendi mengatakan Jenderal Andika bakal menjadi Panglima TNI dan posisi KSAD Jenderal Andika disebutnya akan diisi Letjen Dudung Abdurachman, yang kini menjabat Pangkostrad.

"Insha Allah....semua akan terjadi dalam waktu dekat Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI," kata Effendi dalam pesan singkat, Jumat (3/9/2021).

Jejak Jenderal Andika Perkasa

Jenderal Andika Perkasa merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak November 2018. Dilansir dari berbagai sumber, Andika merupakan lulusan Akmil tahun 1987. Ia mengawali karir di Grup 2/Para Komando Kopassus. Dia juga sempat bertugas di satuan elite penanggulangan teror, Sat 81 Gultor Kopassus.

Andika juga pernah bertugas di Departemen Pertahanan pada 2001. Pria kelahiran Bandung, 21 Desember 1964, itu juga pernah berkarir di BAIS.

Pada 2002, Andika diangkat menjadi Danyon 32 Grup 3/Sandha Kopassus. Setelah beberapa kali pindah tugas, ia kemudian dipromosikan menjadi Komandan Rindam Jaya pada 2011. Lewat jabatan ini, Andika memperoleh kenaikan pangkat menjadi kolonel.

Lalu, pada pertengahan 2012, Andika diangkat menjadi Komandan Korem 023/Kawal Samudera di Sibolga. Belum ada setahun, ia lalu dipromosikan menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AD, yang mengantarkannya meraih bintang satu di pundak alias pangkat brigadir jenderal (brigjen).

Hanya 11 bulan menjadi Kadispenad, Andika diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) pada Oktober 2014. Andika dipilih sendiri oleh Presiden Joko Widodo. Menantu eks Kepala BIN Hendropriyono ini pun mendapat kenaikan pangkat menjadi mayor jenderal (mayjen).

Sekitar dua tahun menjadi Danpaspampres, Andika kemudian dipromosikan menjadi Pangdam XII/Tanjungpura pada Mei 2016. Karir Andika terus menanjak.

Pada 2018, Andika tiga kali mendapat promosi. Pada awal 2018, ia diangkat menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD. Jabatan ini mengantarkan Andika memperoleh bintang tiga atau letnan jenderal (letjen).

Pada Juli, Andika kembali mendapat promosi. Ia diangkat menjadi Panglima Kostrad (Pangkostrad) menggantikan Letjen Agus Kriswanto, yang pensiun.

Baru lima bulan menjabat sebagai Pangkostrad, Andika kini menjabat pimpinan tertinggi TNI AD. Andika dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan