Jokowi Pakai Traktor Tanam Padi di Trenggalek Jatim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanam padi di Trenggalek, Jawa Timur. Jokowi kembali menggunakan mesin penanam atau transplanter seperti saat menanam jagung di Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Dalam video yang disiarkan Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat mengendarai mobil kecil. Ia bergerak mengelilingi petak sawah. Mesin di belakang mobil Jokowi menanam benih padi di sepanjang jalur yang dilalui.

Usai bercocok tanam, Jokowi mengatakan lahan sawah tersebut bisa memproduksi padi dua kali dalam setahun. Ia menyebut produktivitas lahan itu akan bertambah usai Bendungan Tuhu beroperasi hari ini.

"Dengan adanya nanti Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir sampai ke sawah-sawah di sini, akan bisa panen padi tiga kali, palawija sekali sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di Kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis," kata Jokowi di Trenggalek, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (30/11).

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyempatkan diri berdialog dengan para petani. Ia menerima sejumlah keluhan dari para pelaku usaha pertanian.

Beberapa keluhan yang ditangkap Jokowi adalah ketersediaan pupuk dan alat produksi. Mantan Wali Kota Solo itu berjanji akan mengabulkan permintaan para petani secepatnya.

"Saya kira nanti akan kita bicarakan di Jakarta dan agar juga menteri pertanian menyelesaikan hal kesulitan-kesulitan yang ada di lapangan ini secepat-cepatnya," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi pernah melakukan hal serupa pada kunjungan kerja ke Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Saat itu, ia menjajal traktor yang juga berfungsi menanam benih jagung.

Jokowi awalnya minta diajari oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Usai agak mahir, Jokowi berkeliling sawah sendirian menggunakan mobil yang dilengkapi mesin penanam benih di belakangnya.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan