Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Upacara digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Jokowi tiba di TMP Kalibata pukul 07.53 WIB, Rabu (10/11/2021). Jokowi hadir bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam upacara peringatan Hari Pahlawan ini.

Beberapa menit kemudian Jokowi masuk ke lapangan upacara selaku Inspektur Upacara. Jokowi tampak mengenakan setelan jas berwarna biru, peci warna hitam, dan juga masker.

Upacara dimulai setelah Komandan Upacara memberikan laporan. Ditandai dengan proses penghormatan kepada pahlawan dipimpin Komandan Upacara dengan diikuti sikap hormat senjata.

Proses kemudian dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dengan ditandai bunyi sirene selama 60 detik. Setelah itu Jokowi memimpin proses mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

Jokowi kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Jokowi kemudian melanjutkan prosesi upacara peringatan Hari Pahlawan dengan melakukan tabur bunga di TMP Kalibata.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan