Kapolres Jakpus ke Pemuda Pancasila: Serahkan Pengeroyok atau Kita Kejar!

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi murka lantaran Pemuda Pancasila mengeroyok perwira polisi yang mengamankan demonstrasi di DPR. Kombes Hengki pun meminta agar koordinator aksi Pemuda Pancasila menyerahkan pelaku dan jika tidak akan dikejar.

"Saya sebagai penanggung jawab wilayah keamanan, di depan DPR ini jujur saja saya miris. Saya bersahabat dengan ketua Pemuda Pancasila Jakpus, tapi justru anggota kami dianiaya oleh rekan-rekan sendiri. Saya minta diserahkan atau kami kejar," kata Hengki dengan nada tinggi.

Hal itu diungkapkan Hengki melalui pengeras suara dari mobil komando di hadapan massa Pemuda Pancasila yang demo di depan gedung DPR-MPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (25/11/2021).

Hengki menyayangkan aksi Pemuda Pancasila yang berakhir ricuh. Hengki kembali meminta koordinator aksi bertanggung jawab atas pengeroyokan terhadap seorang perwira polisi itu.

"Sekali lagi saya minta koordinator kegiatan ini segera menyerahkan, jangan aksi rekan dinodai dengan kegiatan yang justru melawan hukum. Kami yang melayani rekan-rekan, mengamankan, justru dipukuli dikeroyok. Apakah ini tujuan kalian datang kemari?," kata Hengki.

"Anggota kami luka-luka, apakah kami tadi keras sama Anda atau menghalangi kegiatan saudara? Saya minta tadi saksi yang melihat menyerahkan, hukum harus ditegakkan," tegas Hengki lagi.

Di kesempatan yang sama, Hengki kemudian meminta massa membubarkan diri. Tidak lama massa Pemuda Pancasila pun membubarkan diri.

4 Orang Pemuda Pancasila Ditangkap

Polisi ditangkap empat orang dari massa Pemuda Pancasila yang demo di depan gedung DPR. Mereka ditangkap karena diduga mengeroyok seorang perwira polisi.

"(Diamankan) karena ada dugaan tindak pidana," ujar Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat ditanya alasan keempatnya diamankan, kepada wartawan di depan DPR, Jl Gatot Subroto, Jakpus, Kamis (25/11/2021).

Namun Tubagus belum mengetahui jumlah anggota PP yang diamankan. Polisi kini tengah melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Iya (berkaitan dengan pemukulan terhadap anggota kepolisian). Masih kita teliti, sementara masih dilakukan pemeriksaan," ucap Tubagus.

Pantauan detikcom di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, pukul 16.10 WIB, tampak sejumlah anggota Pemuda Pancasila ditangkap polisi. Ada empat orang yang terlihat dibawa masuk ke gedung DPR RI.

Saat digiring, mereka tidak melakukan perlawanan. Setelah masuk ke gerbang DPR RI, sejumlah petugas kepolisian pun langsung menutup gerbang kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan