Menko PMK: 131 Kabupaten Kota Alami Kenaikan Kasus Covid-19

Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengatakan ada 131 kabupaten kota secara nasional yang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Meski begitu, di wilayah lain pun ada yang mengalami penurunan.

Data tersebut merupakan agregat secara nasional, artinya penggabungan antara data Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali.

“Kondisi saat ini secara agregat angka nasional penularan terjadi penurunan, tetapi ada 131 kota kabupaten yang mengalami tren kenaikan, disamping ada beberapa kabupaten kota mengalami penurunan,” tuturnya dalam Evaluasi PPKM, Senin (1/11/2021).

Atas dasar data perolehan nasional tersebut, Menko Muhadjir menuturkan target vaksinasi Covid-19 untuk bisa dikerja hingga Desember 2021 yakni sekitar 291,6 juta dosis suntikan.

“Dimana (persentasenya) 80,9 persen untuk dosis satu, dan 59,1 persen untuk dosis kedua,” katanya.

Antisipasi Nataru

Selain itu, pemerintah kedepannya akan melakukan penerapan protokol kesehatan serta prinsip 3T, Testing, Tracing, dan Treatment dalam menghadapi periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“periode Nataru akan diantisipasi oleh seluruh kementerian/lembaga terkait dengan meng-update aturan-aturan yang ada untuk mencegah penularan Covid-19 dan penyebarannya,” katanya.

“dimana aturan tersebut mengenai pergerakan orang, lokasi wisata, pertokoan, tempat peribadatan, dan lainnya,” tambah Menko Muhadjir.

Sementara itu, untuk wilayah provinsi Bali akan diadakan uji coba penyelenggaraan acara skala besar internasional guna menyambut gelaran akbar sepanjang 2022 mendatang.

Hal ini akan dilakukan agar pemerintah daerah mampu untuk menyiapkan sesegera mungkin daerah yang akan menyelenggarakan acara internasional.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan