Pelantikan Panglima TNI 2021 Kapan? Ini yang Diketahui Sejauh Ini

Pelantikan Panglima TNI 2021 akan segera dilakukan dalam waktu dekat. DPR dalam rapat paripurna menyetujui Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Persetujuan pada rapat paripurna DPR ini menindak lanjuti hasil fit and proper test yang dilakukan Komisi I DPR pada Sabtu (6/11/2021). Rapat dihadiri seluruh fraksi di DPR RI dan dinyatakan kuorum.

Pelantikan Panglima TNI 2021: Berdasarkan Fit and Proper Test oleh Komisi I DPR RI

Komisi I telah melakukan verifikasi administrasi hingga fit and proper test Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Sebelumnya, rombongan Komisi I sudah melakukan verifikasi faktual mengunjungi rumah Andika di wilayah Senayan.

"Tujuannnya adalah untuk bersilaturahmi ke rumah beliau, kita ingin memastikan bahwa beliau memang tinggal di sini, berkeluarga, dan bertemu juga dengan puteranya tadi. Ya kalau bahasa kerennya verifikasi faktual," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis di kediaman Andika di Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (7/11).

Selanjutnya dalam rapur, Ketua Komisi I DPR RI Muetya Hafid menyampaikan persetujuannya mengenai Panglima TNI yang baru akan dijabat oleh Jenderal Andika Perkasa. Surat persetujuan secara resmi akan ditandatangani oleh Komisi I DPR RI.

Pelantikan Panglima TNI 2021: Sudah Sah Disetujui DPR RI

Rapat paripurna dengan agenda menyetujui atau tidaknya Andika Perkasa menjadi Panglima TNI digelar pada hari ini, Senin (8/11/2021) pukul 10.20 WIB di Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Rapat dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Puan didampingi wakil pimpinan, yakni Rachmat Gobel, Sufmi Dasco Ahmad, dan Lodewijk Paulus. Setelah laporan Komisi I selesai, Puan selaku pimpinan rapat meminta persetujuan anggota DPR.

"Sidang Dewan yang kami hormati, apalah laporan Komisi I tentang hasil uji kelayakan yang memberhentikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI dan menyetujui Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima tni?," ujarnya.

"Setuju, " jawab anggota DPR.

Pelantikan Panglima TNI 2021: Belum Ada Tanggal Pasti

Sampai saat ini, belum ada tanggal pasti kapan dilaksanakannya pelantikan Panglima TNI 2021. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan agenda pelantikan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI belum dijadwalkan karena proses tersebut masih dalam tahap administrasi.

"Belum ada jadwal. Kan masih proses administrasi," kata Heru kepada detikcom, Minggu (7/11/2021).

Heru juga menanggapi informasi yang beredar bahwa pelantikan Andika Perkasa akan dilakukan pada Selasa atau Rabu pekan depan. Namun, ia mengungkapkan bahwa di kedua hari tersebut jadwal Jokowi sudah padat.

"Bapak Presiden dijadwalkan untuk menghadiri peringatan 10 November di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Kemudian, dilanjutkan pemberian tanda jasa di Istana Negara," kata Heru.

"Hari Selasa, Bapak Presiden sudah ada agenda internal," lanjutnya.

Jenderal Andika Perkasa juga mengaku belum tahu kapan dirinya akan dilantik.

"Saya belum dikasih tahu, belum dikasih tahu sampai sekarang," kata Andika Perkasa di kompleks parlemen usai rapat paripurna, Senin (8/11/2021).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan