Profil Letjen TNI M. Herindra Calon Kuat KSAD, Peraih Adhi Makayasa yang Kini Jabat Wamenhan

Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI AD berpeluang menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang dipilih Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Salah satunya, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen TNI Muhammad Herindra yang saat ini mendampingi Menhan Prabowo Subianto.

”Kita sedikit mengamati, memang ada 12 nama yang berkualifikasi objektif jenderal bintang 3. Selain yang ada distruktur organisasi itu kan ada jenderal bintang 3 menjabat di Kementerian Pertahanan misalkan Bapak Wamenhan,” kata anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi seusai Rapat Internal Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 4 November 2021.

Dari informasi yang dirangkum SINDOnews, Letjen TNI M. Herindra merupakan sosok yang cukup diperhitungkan. Herindra merupakan lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa di Akademi Militer (Akmil). Abituren 1987 ini mengawali karir militernya di satuan infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Selama di dunia militer, pria kelahiran Magelang, 30 November 1964 ini telah menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI. Di antaranya, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus selama setahun mulai 2015-2016. Setelah memimpin pasukan elite di TNI Angkatan Darat (AD) tersebut, suami dari Eka Diyah Rusyati kemudian menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi di Jawa Barat periode 2016-2017.

Lepas dari Pangdam Siliwangi, Herindra dipercaya menjabat Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI periode 2017—2018. Karir militernya cukup cemerlang, Herindra kemudian dipercaya sebagai Irjen TNI periode 2018—2020. Setelah itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengangkatnya menjadi Kasum TNI sebelum akhirnya menduduki jabatan Wamenhan hingga saat ini.

Herindra dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai wakil menteri pertahanan pada 23 Desember 2020 menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang diangkat Presiden menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan. [sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan