Rahasia Blitar Jadi Kota Pertama RI yang Masuk Level 1 PPKM

Kota Blitar, Jawa Timur menjadi kota pertama yang masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi seluruh lapisan warga yang disebut kota Patria ini.

"Saya apresiasi sekali yang teman-teman di kota Blitar lakukan, terutama kepada Wali Kota, Kapolres dan Dandim yang bekerja keras menurunkan Covid-19 di sana," kata Luhut, seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian, Jumat (12/11/2021).

Keberhasilan Kota Blitar di Provinsi Jawa Timur ini tidak lepas dari penggunaan sistem data yang terkelola dengan baik. Pasalnya, data merupakan indikator dalam penentuan level PPKM di daerah.

Data yang dimaksud berupa jumlah kasus konfirmasi kurang dari 20 per 100.000 penduduk per minggu, angka rawat inap di rumah sakit harus berada pada angka kurang dari 5 per 100.000 penduduk per minggu. Hal lainnya yaitu angka kematian harus kurang dari 1 per 100.000 penduduk per minggu.

Luhut mengatakan, beberapa indikator tersebut menjadikan kota ini sebagai kota pertama di Indonesia yang masuk level 1.

Dalam rapat bersama Walikota Blitar H. Santoso di Kantor Kemenko Marves itu juga membahas adanya potensi kasus baru varian Covid-19 di mana saat ini sudah membaik, namun seluruh masyarakat Indonesia perlu terus disiplin dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Intinya harus disiplin protokol kesehatan dan tetap hati-hati sampai obat Covid-19 ini sampai ketemu," kata Luhut.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan