Reuni 212 Batal Digelar di Monas, Ini Kata Polda Metro Jaya

Keputusan Persaudaraan Alumni 212 membatalkan acara tahunan Reuni 2021 di Lapangan Monas, Jakarta disambut baik berbagai pihak. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan pun mengapresiasi pihak panitia yang memindahkan lokasi acara.

Pelaksanaan Reuni 212 tahun ini bakal dialihkan menjadi doa bersama di Pesantren Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Kami apresiasi dan hormati keputusan pengurus 212 yang nyatakan tak akan berkegiatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya," kata dia di Polda Metro Jaya, Selasa (30/11/2021).

Pernyataan itu diutarakan usai menghadiri rapat kordinasi bersama Kodam Jaya dalam rangka menyusun rencana pengaturan mobilitas masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2022. Turut hadir perwakilan dari Polda Jawa Barat, Polda Banten, serta Kodam 3 Siliwangi.

Menurut dia, pihak panitia dalam hal ini menghormati keputusan Satgas Covid DKI berkaitan demgan tidak dikeluarkan rekomendasi untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan keramaian.

"Ini sejalan supaya pada masa pandemi Covid-19, kita bisa menghindari kerumunan," ujar dia.

Nataru, Polisi Bersiaga di Tempat Ibadah hingga Objek Wisata

Zulpan kemudian menerangkan mengenai hal-hal yang dibahas pada rapat bersama siang tadi. Poin utamanya mengenai pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Zulpan menerangkan, semua pihak yang hadir di dalam rapat sepakat menjalankan Instruksi Mendagri Nomor 62 tahun 2021 yang mengatur pelaksanaan PPKM pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

"Jadi kami akan lakukan penerapan PPKM Level 3 sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan pemerintah," ujar dia.

Zulpan menerangkan, personel yang bertugas disiagakan di tempat ibadah, pusat perbelanjaan, dan objek wisata. Adapun, tujuannya mengantisipasi penyebaran Covid-19 .

"Kepada masyarakat diharapkan antisipasi agar tak terjadi lonjakan Covid-19 gelombang 3," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Zulpa kembali menegaskan bahwa Polda Metro Jaya akan melakukan berbagai langkah untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya meminimalisir kerumunan.

"Polda Metro Jaya mengutamakan keselamatan masyarakat," tandas dia.

Reuni 212 Dipindah ke Masjid Az Zikra Sentul

Persaudaraan Alumni 212 memutuskan untuk membatalkan acara tahunan Reuni 2021 pada 2 Desember mendatang, yang rencananya akan digelar di Lapangan Monas, Jakarta.  Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif menjelaskan, pelaksanaan Reuni 212 tahun ini bakal dialihkan menjadi doa bersama di Pesantren Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Pelaksanaan Reuni 212 Tahun akan diadakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat sekaligus   doa bersama untuk Almarhum Ustaz Ameer Azzikra putra alm. KH M Arifin Ilham dan disiarkan secara virtual dan live streaming," kata Slamet Maarif dalam keterangan tulis, Senin (29/11/2021).

Slamet pun mengimbau bagi Alumni 212 di berbagai daerah untuk membuat acara yang serupa dengan tetap menjaga ciri Khas 212 dan menaati protokol kesehatan (Prokes).

"Mengimbau dan menginstruksikan kepada seluruh Alumni 212 untuk mengadakan aksi kemanusiaan berupa pembagian paket sembako, bedah rumah, membersihkan tempat ibadah, membersihkan sungai, pengobatan gratis dan lain sebagainya," imbaunya.

Keputusan itu, kata Slamet diambil pascapihaknya mendengar berbagai masukan dari para ulama.

Kendati begitu, menurut Slamet pihaknya sebelumnya telah bekerja keras untuk mendapatkan izin pelaksanaan Reuni 212 di lapangan Monumen Nasional (Monas).

"Panitia Reuni 212 tahun 2021 telah bekerja keras mengurus perizinan  tempat yaitu di  Lapangan Monas (sesuai sejarah 212 itu sendiri) dan di Bundaran Patung Kuda dan Berkomunikasi dengan berbagai pihak," kata dia.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan