Sahroni: Venue Formula E Diumumkan Sebelum Natal, Lalu Minta Arahan Jokowi

Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni mengungkapkan penetapan sirkuit balap mobil listrik ditetapkan setelah Federasi Automobil Internasional (FAI) melakukan survei. Dia berharap sebelum Natal venue balap bisa diumumkan ke publik.

"Masalah trek semoga sebelum Natal kita akan umumkan, tapi tunggu survei dari FIA, kalau FIA bilang go a head kami panitia akan mengumumkan langsung," kata Sahroni usai bertemu Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021).

Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menuturkan jika trek Formula E suah ditentukan, maka pihaknya akan menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu kata Sahroni dilakukan untuk melaporkan hasil lanjutan Formula E karena menyangkut branding negara.

"Untuk setelahnya baru kita akan menghadap Pak Presiden, meminta lanjutan arahan karena ini branding negara," tuturnya.

Sahroni menjelaskan Presiden Jokowi tidak dilibatkan dalam penyelenggaraan Formula E. Namun dia menyebut Formula E merupakan event internasional sehingga perlu untuk dilaporkan ke Presiden.

Video Player is loading.This is a modal window.The media could not be loaded, either because the server or network failed or because the format is not supported.

"Kami harus melaporkan ini kepada bapak Presiden, bukan melibatkan Presiden terkait dengan penyelenggaraan. Penyelenggaraan semua totally kita yang akan mempertanggungjawabkan karena ini event internasional, maka ini harus dilaporkan dan melaporkan kepada bapak Presiden," jelasnya.

Sebelumnya, Anies menegaskan lokasi Formula E tidak akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies mengatakan penentuan sirkuit ajang mobil listrik bukan urusan Presiden.

"Masa lokasi (yang menentukan) Presiden? Ya nggaklah. Lokasi kok, masa urusan lokasi kok Presiden," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/11).

Soal pernyataan penentuan venue oleh Jokowi ini awalnya disampaikan oleh Co-Founder Formula E Alberto Longo dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet). Eks Mendikbud itu menegaskan yang berwenang menentukan lokasi Formula E adalah Ikatan Motor Indonesia (IMI), Formula E Operation (FEO), dan JakPro selaku penyelenggara Formula E.

Anies menyampaikan akan ada klarifikasi dari pihak IMI terkait hal ini.

"Nanti diklarifikasi. Nanti ada statement resminya. Yang nentukan itu ya FEO, IMI, JakPro, tiga itu. Iyalah, masa lokasi (ditentukan Jokowi)," tegasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan