Segera Disahkan DPR Jadi Panglima TNI, Ini Pengalaman Karier Militer Jenderal Andika Perkasa

DPR menggelar rapat paripurna untuk menetapkan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI hari ini, Senin (8/11/2021). Pengalaman karier militer Jenderal Andika Perkasa sangat mentereng.

Andika akan menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. 

Andika Perkasa merupakan salah satu prajurit TNI yang memiliki jenjang pendidikan tinggi. Dia menyandang gelar doktor dari kampus luar negeri. 

Pria kelahiran Bandung 21 Desember 1964 ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1987, menjabat di pucuk pimpinan TNI AD sebagai KSAD pada 22 November 2018. 

Pengalaman karier militer Jenderal Andika Perkasa  yang dikenal ramah ini ternyata mengawali dari korps baret merah (Kopassus). Walau berkarier di TNI, dia memiliki gelar pendidikan tinggi, bahkan tiga gelar S2. 

Lalu gelar doktoral dari Universitas George Washington. Perwira tinggi TNI ini merupakan satu-satunya nama usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, dia tetap akan menjalani fit and proper test. 

Pria yang pernah menjabat sebagai Kadispenad itu pernah menjabat sebagai Danpaspamres pada 2014 dan Pangdam Tanjungpura di 2016 ketika pangkatnya masih mayor jenderal (mayjen) TNI. 

Video KSAD Andika Perkasa terima penghargaan dari AS Jabatan Jenderal TNI Andika pernah menuai pujian pada 2018. Ketika itu dia menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Lalu beberapa bulan kemudian diangkat menjadi KSAD berpangkat jenderal.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan