Surpres Panglima TNI Terbit, Siapa yang Dipilih Jokowi

Surat presiden atau surpres calon Panglima TNI telah terbit. Siapa yang menjadi pilihan Presiden Jokowi?
Surpres Panglima TNI rencananya akan diserahkan ke DPR hari ini. Surpres akan dikirim oleh Mensesneg Pratikno dan diterima langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani.

"Iya betul surpres panglima akan diterima Ibu Ketua DPR siang ini," kata Sekjen DPR Indra Iskandar kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Terkait surpres calon Panglima TNI, santer terdengar calon Panglima TNI yakni antara KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Dikabarkan juga ada tarik menarik kepentingan di balik alotnya keputusan calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi itu.

Informasi yang dihimpun, pilihan Istana sebenarnya sudah condong ke satu nama, yaitu KSAL Laksamana Yudo Margono. Namun masih ada pihak-pihak yang ingin KSAD Jenderal Andika menjadi panglima.

Sejumlah pejabat tinggi dikabarkan turut bersuara soal calon panglima. Seorang perwira tinggi yang punya pengaruh besar di kalangan internal TNI kabarnya mendukung Yudo. Seorang menteri senior juga disebut lebih senang Yudo menjadi panglima ketimbang Andika.

Namun pihak-pihak pendukung Andika tak tinggal diam. Sejumlah tokoh yang dekat Istana bergerak agar Jokowi menjatuhkan pilihan ke Andika.

Tarik-menarik kepentingan ini membuat alot keputusan soal Panglima TNI. Saat ini surpres calon Panglima TNI sudah sampai, siapa menggantikan Marsekal Hadi yang kian dekat dengan masa pensiun, yaitu 8 November nanti?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan