Survei Capres PRC: Prabowo-Ganjar Beda Tipis, Andika Perkasa Muncul Lagi

Politika Research and Consulting (PRC) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden 2024. Nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berada paling atas disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Nama Panglima TNI terpilih Jenderal Andika Perkasa juga muncul lagi.

Survei ini digelar pada 8 Oktober-4 November 2021. Total responden yakni berjumlah 1.220 orang yang tersebar di 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan wawancara langsung. Pengambilan sampel menggunakan metode multi stage random sampling. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dengan margin off error 2,9%.

Peneliti PRC Rio Prayogo mengatakan pihaknya mengajukan pertanyaan tertutup. Hasilnya, Prabowo, Ganjar dan Anies berada di posisi teratas.

"Ada 21 nama disodorkan kita bacakan nama namanya, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan mendominasi, dengan suara di atas 10 persen," kata Rio, Senin (15/11/2021).

Rio mengatakan Ganjar mengalami peningkatan elektoral dibanding survei sebelumnya. Dia menilai, peningkatan itu terjadi karena tekanan yang sempat dialami Ganjar di internal partai.

"Tapi Ganjar mengalami peningkatan elektoral yang cukup signifikan. Nah ada hal menarik dimana ketika dorongan dari internal terhadap Ganjar itu tidak sejalan dengan persetujuan masyarakat terhadap Ganjar," ucapnya.

"Ganjar ini semakin ditekan dia semakin nikmat lah, kaya kemarin ada istilah celeng-celeng, begitu dia nikmat ketika ditekan, buktinya elektoralnya naik," lanjut Rio.

Sementara Anies, kata Rio, mampu bertahan di ritme yang dijalani sekarang. Rio mengatakan Anies mampu menjaga pemilihnya.

"Anies mampu menjaga ritme di atas 10 persen, dia mampu menjaga pemilihnya, sehingga pemilihnya terus memberikan dukungan terhadap Anies Baswedan," ucapnya.

Simak hasil survei di halaman selanjutnya

Berikut hasil lengkap survei tersebut:

Prabowo Subianto 21,1%
Ganjar Pranowo 20,5%
Anies Baswedan 13,6%
Sandiaga Uno 7,0%
Agus Harimurti Yudhoyono 4,5%
Ridwan Kamil 4,3%
Tri Rismaharini 3,2%
Gatot Nurmantyo 2,0%
Khofifah 1,9%
Puan Maharani 1,6%
Susi Pudjiastuti 1,6%
Surya Paloh 1,6%
Andika Perkasa 0,7%
Mahfud Md 0,7%
Erick Thohir 0,7%
Tito Karnavian 0,6%
Sri Mulyani 0,4%
Airlangga Hartarto 0,4%
Muhaimin Iskandar 0,3%
Hadi Tjahjanto 0,1%
Moeldoko 0,1%
Tidak tahu 13,2%

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan