Alert! 23 Daerah ini Berpotensi Banjir Rob Hingga 22 Desember

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis update terkini perihal potensi banjir rob mulai Sabtu (18/12/2021) hingga Rabu (22/12/2021). Tercatat ada 23 wilayah yang berpotensi banjir rob.

Menurut Deputi Meteorologi BMKG Guswanto, banjir rob tak lepas dari adanya fase bulan purnama dan kejadian curah hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia.

"Beberapa wilayah pesisir Indonesia diimbau untuk waspada terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum dan potensi banjir pesisir tersebut," ujarnya dalam siaran pers BMKG.

Berikut adalah 23 wilayah yang berpotensi banjir rob:

1. Belawan

2. Kepulauan Natuna

3. Kepulauan Riau

4. Bangka Belitung

5. Lampung

6. Banten

7. DKI Jakarta

8. Jawa Barat

9. Jawa Tengah

10. Jawa Timur

11. Bali

12. Kalimantan Barat

13. Kalimantan Selatan

14. Kalimantan Timur

15. Sulawesi Barat

16. Sulawesi Utara

17. Sulawesi Selatan

18. Gorontalo

19. Ternate

20. Halmahera

21. Papua Barat (bagian utara)

22. Papua (bagian utara)

23. Merauke

Menurut Guswanto, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari gelombang tinggi dan pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," kata Guswanto.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan